1. HOME
  2. NEWS
NEWS

Motor Jadi Biang Keladi Kemacetan di Jakarta?

Pembangunan infrastuktur hanya 0,01 persen tapi volume kendaraan overload.

By Stella Maris 14 Februari 2016 07:30
Kemacetan (Merdeka)

Money.id - Kemacetan menjadi fenomena klasik di kota besar seperti Jakarta, dan sampai saat ini solusi yang dijalankan tak mencapai hasil maksimal. Terkait hal tersebut, pihak berwajib angkat bicara.

"Jadi ada beberapa problematika (terkait kemacetan) yang dilatarbelakangi oleh beberapa faktor," kata Kepala Subdit Pembinaan dan Penegakkan Hukum Polda Metro Jaya (PMJ), AKBP Budiyanto kepada Money.id, Minggu 14 Februari 2016.

Faktor pertama, perkembangan kendaraan bermotor yang sulit dikendalikan. Berdasarkan data Direktorat Lalu Lintas PMJ, terjadi kenaikan tujuh persen pada kendaraan roda dua di 2014-2015.

Dengan kata lain saat ini jumlah kendaraan roda dua sebanyak 13,9 juta unit. "Dipihak lain, pembangunan infrastuktur hanya 0,01 persen, sehingga sering dihadapkan pada volume kendaraan yang melebihi kapasitas jalan (overload)," jelas Budiyanto.

Kedua, masih adanya infrastruktur yang digunakan tak pada peruntukannya, Budiyanto mencontohkan, trotoar yang seharusnya digunakan untuk pedestrian, malah dimanfaatkan oleh pedagang kaki lima, pangkalan ojek, dan lainnya.

Ketiga, kesadaran masyarakat pengguna jalan yang relatif rendah. "Contohnya saat dihadapkan pada situasi macet, saling serobot, melawan arus. Terakhir adalah sinergitas pemangku kepentingan yang belum berjalan maksimal," ujar dia.

 

(sm/sm)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section