1. HOME
  2. NEWS
NEWS

Menkes Imbau Jemaah Haji Tak Dekati Unta di Arab

Meski asal virus korona belum diketahui secara pasti, namun para pakar menduga virus penyebab MERS itu berasal dari unta.

By Arry Anggadha 9 Agustus 2016 13:25
Menteri Kesehatan Nila F Moeloek (kemendagri.go.id)

Money.id - Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengimbau jemaah haji Indonesia mewaspadai virus MERS selama beribadah di Arab Saudi.

Meski asal virus korona belum diketahui secara pasti, namun para pakar menduga virus penyebab MERS itu berasal dari unta. Untuk itu jemaah diimbau tidak berinteraksi langsung dengan unta.

"Kami persiapkan jemaah haji ini. Kita sudah persiapkan ke Arab Saudi dan bertemu menkes Arab Saudi 2 kali. Beliau mengatakan akan perhatikan sekali. Bahwa MERS itu harus diantisipasi," kata Menteri Kesehatan Nila F Moeloek seperti dikutip dari laman Kemendagri.

Pihak Kemenkes sudah bertemu dengan Menteri Kesehatan Arab Saudi untuk membahas hal ini. MERS atau Middle East Respiratory Syndrome adalah penyakit saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus korona.

"Pertama jemaah haji kita minta jaga kebersihan. Kita minta jemaah haji untuk tidak mendekati binatang tersebut. Penularan dapat terjadi dari air liur dan kami minta tidak minum susunya," imbaunya.

Nila menambahkan, tim kesehatan sudah dipersiapkan di Arab Saudi. Kerja sama dengan rumah sakit setempat pun sudah dilakukan. Termasuk menambah ambulans untuk mengangkut jemaah yang turun daya tahan tubuhnya.

Baca Juga

(aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section