1. HOME
  2. NEWS
FRESH

Mengenal Pencakar Langit Tertinggi Kedua di Dunia

Shanghai Tower ini bahkan menghabiskan biaya sebesar US$2,4 miliar atau setara dengan Rp317,6 triliun.

By Rizki Astuti 28 Agustus 2016 09:05
Shanghai Tower (www.telegraph.co.uk)

Money.id - Sudah delapan tahun sejak kawasan bisnis kota Lujjiazui dibangun, kini Shanghai Tower akhirnya dibuka untuk umum. Shanghai Tower telah resmi menjadi gedung pencakar langit paling tinggi di China.

Shanghai Tower dengan ketinggian 632 meter ini berhak menyandang gelar tower tertinggi kedua di dunia setelah Burj Khalifa di Dubai. Karena ketinggian seperti itu membuat dua gedung di sebelahnya, Jin Mao Tower yang berbentuk seperti pagoda setinggi 420 meter dan Shanghai World Financial Centre setinggi 492 meter jadi terlihat mini.

Dilihat dari dekat, desain Shanghai Tower semakin terlihat mengesankan. Bentuknya mengular ke atas dengan sinar matahari memantul dari permukaannya yang terbuat dari kaca.

Dirancang oleh perusahaan arsitektur Amerika Gensler, dengan perkiraan biaya sebesar US$ 2,4 miliar atau setara dengan Rp317,6 triliun, bentuk mengular bangunan dikatakan menggambarkan seekor naga yang muncul dari dalam Bumi.

Shanghai Tower
© 2016 money.id/telegraph.co.uk

Melansir dalam laman Telegraph, Minggu 28 Agustus 2016, permukaannya terbuat dari kaca ultra modern yang bisa menyerap energi panas matahari, sehingga bisa mengurangi kebutuhan listrik. Ruang hijau alami dan penangkap hujan juga digunakan untuk mendinginkan gedung, sementara 270 turbin angin dibangun di bagian façade untuk menyalakan bangunan.

Shanghai Tower ternyata tidak hanya indah dipandang mata tetapi melainkan keajaiban lingkungan yang dianggap sebagai salah satu gedung paling canggih dan ramah lingkungan di dunia.

Untuk naik turun gedung, Shanghai Tower menyediakan lift yang diklaim tercepat di dunia. Lift Shanghai Tower bisa meluncur dengan kecepatan mencapai 18 meter per detik.

Meski 140 meter lebih pendek dari Burj Khalifa, Shanghai Tower menawarkan pemandangan dari atas tertinggi di dunia. Tidak seperti pemandangan gurun Burj yang kering, di sini pengunjung akan disambut dengan pemandangan 360 derajat dari Sungai Huangpu yang mengular di kejauhan distrik Bund yang bersejarah, Pearl Tower yang mirip permen karet merah muda, kota Puxi yang semakin berkembang dan zona pengembangan Pudong.

Memiliki 127 lantai (ditambah lima lagi di bawah tanah), Shanghai Tower juga diklaim sebagai museum dan 'kebun di atas langit' tertinggi di dunia, lengkap dengan kafe, toko dan restoran. Tak hanya itu hotel tersebut juga memiliki kolam renang dan restoran yang dijadwalkan akan membuat debut mereka di Shanghai Tower pada 2017 mendatang.

Bagaimana, tertarik mencoba sensasi tower dengan ketinggian 632 meter ini? (poy)

Baca Juga

(ra/ra)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section