1. HOME
  2. NEWS
NEWS

Mengenal Manuskrip Voynich, Buku Paling Misterius di Dunia

Hingga kini, tak ada satu pun yang dapat memastikan dan mengerti apa isi dari buku ini.

By Adhi 1 April 2016 09:40
Manuskrip Voynich (BBC.co.uk)

Money.id - Dunia tempat kita hidup ini dipenuhi oleh misteri. Ada yang rahasianya dapat terungkap seiring dengan perkembangan waktu, namun tak sedikit pula yang tetap menjadi misteri.

Salah satunya adalah Manuskrip Voynich, sebuah naskah yang hingga kini asal-usul dan kegunaannya belum terungkap.

Manuskrip Voynich (Voynich Manuscript) diperkirakan berasal dari abad pertengahan, tepatnya pada kisaran abad ke-15. Buku paling misterius di dunia ini pertama kali ditemukan di perpustakaan Yale University, Amerika Serikat.

Menurut informasi yang dilansir laman BBC, Manuskrip Voynich ditulis rapat, namun cermat, dilengkapi berbagai ilustrasi berwarna. Mulai dari deretan sketsa menyerupai bunga bermahkota besar dan sejumlah tanaman yang tak cocok dengan satu pun jenis tumbuhan di Bumi, sampai gambaran kosmologi dan astrologi.

(Manuskrip Voynich/BBC.co.uk)

Terdapat pula sketsa aneh menyerupai wanita-wanita telanjang, dengan perut besar, berada dalam air menyerupai aliran sungai, yang entah apa maksudnya.

Uniknya, hingga kini, tak ada satu pun yang dapat memastikan dan mengerti apa isi dari buku ini. Tak ada satu pun ahli kriptologi, sejarawan, dan para ilmuwan yang mengerti huruf dan bahasa yang digunakan dalam buku ini. Tak sedikit yang mengatakan bahwa buku ini menggunakan huruf dan bahasa 'alien'.

(BBC.co.uk)

Satu-satunya petunjuk yang dapat dijadikan acuan adalah, sejarah mencatat buku ini pertama kali muncul pada abad ke-20. Kala itu, seorang Jesuit asal Italia diyakini memberikan naskah tersebut kepada Wilfrid Voynich, seorang pedagang buku antik kenamaan di daratan Eropa.

Dalam keterangan tertulis di catatan hariannya, Wilfrid Voynich menjelaskan bahwa buku ini sempat dimiliki oleh Kaisar Jerman Rudolph II (1576-1612), yang membelinya seharga 600 dukat emas dari peramal Inggris John Dee (1527-1608).

(BBC.co.uk)

Namun begitu, penjelasan Wilfrid Voynich diragukan karena tidak menyertakan bukti-bukti otentik lainnya.

Bahkan, tak sedikit ahli yang mengatakan bahwa buku misterius itu hanyalah hoax belaka yang dibuat sendiri oleh Wilfrid Voynich untuk menjadi sensasi, dan dapat dijualnya kembali dengan harga tinggi.

Baca juga:

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section