1. HOME
  2. NEWS
SETYA NOVANTO

Membongkar Kekayaan Ketua DPR Setya Novanto

Nama Setya Novanto sering disebut-sebut dalam sejumlah kasus korupsi. Dia bahkan sering keluar masuk KPK.

By Arry Anggadha 18 November 2015 09:20
Ketua DPR Setya Novanto

Money.id - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Setya Novanto kembali membuat kehebohan. Wakil Ketua Umum Partai Golkar kubu Aburizal Bakrie disebut mencatut nama Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla untuk memperpanjang masa kontrak Freeport di Indonesia.

Setya Novanto membantah keras tudingan itu. "Yang jelas saya selaku pimpinan DPR tidak pernah untuk bawa-bawa nama presiden atau mencatut nama presiden," kata Setya Novanto kemarin.

Setya Novanto sudah menjadi anggota DPR sebanyak 4 periode. Legislator dari daerah pemilihan Nusa Tenggara Timur Dua itu saat ini juga menjabat sebagai Ketua Fraksi Partai Golkar.

Selain di kasus Freeport ini, nama Setya Novanto memang sering disebut-sebut dalam sejumlah kasus korupsi. Bahkan politisi yang akrab disapa Setnov itu sudah keluar masuk Komisi Pemberantasan Korupsi dan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi untuk diperiksa sebagai saksi.

Menilik dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) KPK, Setnov diketahui memiliki harta yang melimpah. Berdasarkan laporan Setnov ke KPK tertanggal 13 April 2015, harta dia tercatat mencapai Rp114,7 miliar dan US$49.150.

Jumlah ini naik sekitar Rp40,9 miliar dari kekayaan dia tertanggal 28 Desember 2009. Empat tahun silam, Setnov memiliki kekayaan sekitar Rp73,7 miliar.

Apa saja kekayaan yang dimiliki Setnov? Berikut rinciannya:

1. Untuk harta bergerak, Setnov tercatat memiliki 16 bidang tanah dan rumah dengan nilai Rp81,7 miliar. Tanah dan rumah ini berada di wilayah Jakarta, Bekasi, dan Bogor.

2. Untuk harta bergerak, Setnov memiliki 6 kendaraan berupa motor dan mobil. Nilainya mencapai Rp2,3 miliar.

3. Untuk harta Setnov berupa logam mulia, perhiasan dan lainnya, tercatat memiliki nilai sekitar Rp932,5 juta.

4. Setnov juga memiliki simpanan berupa investasi senilai Rp8,4 miliar.

5. Mantan Bendahara Umum Partai Golkar itu juga memiliki harta senilai Rp21,2 miliar berupa surat-surat berharga.

Dalam LHKPN KPK bernomor NHK 2782 itu, Setnov tercatat tak memiliki piutang. Dan total harta tertanggal 13 April 2015 itu mencapai Rp114,7 miliar dan US$49.150.

Suka Artikel Ini? KLIK LIKE

Baca Juga

(aa/aa)

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section