1. HOME
  2. NEWS
NEWS

Mekanik Terbaik di Kapal Induk AS Ternyata Orang Indonesia

Heru jadi yang terbaik dari 3.000 awak kapal induk Amerika Serikat USS Bonhomme Richard (LHD 6).

By Rohimat Nurbaya 17 Desember 2015 13:45
Heru Kurniawan Mansell (Merdeka.com)

Money.id - Prajurit asal Indonesia terpilih jadi mekanik terbaik di kapal induk Amerika Serikat USS Bonhomme Richard (LHD 6). Awalnya, saat kapal tersebut turun di Dermaga Benoa Bali, tidak ada yang menyangka kalau salah satu dari 3.000 awak kapal tersebut ada yang berdarah Indonesia asli Cilacap.

"Ya dia keturunan Indonesia, prajurit laut terbaik kami," kata Komandan kapal Rear Admiral (Laksamana Muda) Hugh D. Wetherald menunjuk sosok prajurit berdarah Cilacap seperti dikutip Money.id dari Merdeka.com, Kamis 17 Desember 2015.

Saat kapal induk Amerika Serikat itu hendak meninggalkan Bali, Hugh menyebutkan prajurit terbaik dari Indonesia itu bernama Heru Kurniawan Mansell, usianya 30 tahun.

Tetapi Hugh tidak menyebutkan kedudukan dan posisi putra berdarah Indonesia ini dalam kapal induk negara adidaya tersebut.

Komandan kapal hanya menyebutkan bahwa Heru ahli mekanik pesawat dan helikopter di kapal induk tersebut.

Seorang prajurit Angkatan Laut Indonesia di Benoa Bali menyebutkan, ayah Heru merupakan warga Amerika Serikat dan ibunya yang berasal dari Cilacap, Jawa Tengah. Heru hidup di Amerika sejak umur dua tahun.

"Soal kapal jadi Laksamana angkatan laut AS, itu tidak tahu saya mas. Tetapi bener sih dia memang ada campuran darah kita," kata anggota TNI AL berangkat Sersan Mayor yang enggan disebut namanya.

Kapal induk milik Amerika Serikat ini tiba di Bali pada 31 Juli lalu, dan akan meninggalkan Bali, Selasa sore, 4 Desember 2015.

Heru diketahui sangat fasih berbahasa Indonesia. Namun sangat tertutup dan sedikit bicara. "Ya dia bisa berbahasa Indonesia, tidak terlalu mau banyak bicara," ujarnya.

Heru merupakan seorang mekanik khusus bagian combat system. Tugas Heru mengurus segala kelengkapan persenjataan di kapal itu, termasuk heli dan pesawat tempur.

Heru sudah menjadi warga negara Amerika Serikat, namun sangat mencintai keluarga ibunya yang berada di Indonesia, bahkan dalam suatu kesempatan dia selalu berkunjung ke Indonesia.

"Kalau secara pribadi, sudah beberapa kali ia ke Indonesia. Tetapi kalau tugas, ini pertama kalinya. Itu kata dia," ucap prajurit di TNI AL Benoa Bali tersebut.

Heru sudah terlibat dalam beberapa misi yang diadakan Armada ke-7 USS Navy yang berpangkalan di Sasebo, Jepang.

Kendati memiliki kemampuan sebagai kapal serang amfibi, namun misi-misi USS Bonhomme Richard (LHD 6) lebih banyak terkait kemanusiaan. Satu di antaranya adalah ikut membantu korban tsunami Aceh.

Kapal induk tersebut membawa 3.000 personel, termasuk 1.800 personel marinir dari United States Marine Corps (USMC). Kapal induk tersebut dilengkapi dengan pesawat tempur jenis AV-8B Harrier sebanyak lima unit, helikopter jenis MV-22B Osprey (42 unit).

Kemudian helikopter jenis AH-1W Super Cobra (6 unit), helikopter angkut jenis CH-53E Super Stallion (5 unit), dan helikopter untuk SAR jenis MH-60S Sea Hawk. (poy)

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section