1. HOME
  2. NEWS
NEWS

Ajaib, Kucing ini Bisa 'Endus' Orang yang Segera Mati

Namanya Oscar. Setiap hari, kucing jantan ini bermain-main di selasar Steere House Nursing centre.

By Ita Malau 22 Oktober 2015 17:03
Kucing Oscar (Steere House Nursing centre)

Money.id - Sekilas, Oscar seperti kucing kebanyakan. Berlari kesana kemari dan bermain di 'rumahnya', Steere House Nursing centre yang terletak di Rhode Island, Amerika Serikat.

Kucing 10 tahun itu memang sudah tinggal di pusat perawatan orang-orang sakit dan itu sejak dia kecil. Setiap hari, dia sibuk mengeong dan bermain di selasar rumah perawatan ini. Dia juga menghibur pasien-pasien yang dirawat di sana beserta keluarga mereka.

Lalu apa yang berbeda dari kucing Oscar? Dia bisa memprediksi, pasien mana yang akan segera meninggal.

Tak percaya? Rekor 'ramalan' Oscar yang benar cukup tinggi, yakni sekitar 100 kasus, demikian dikutip dari laman Mirror, Maret 2015. Bahkan, beberapa kali prediksi paramedis malah salah, dan Oscar benar.

Kemampuan Oscar ini pertama kali diungkap ke publik dalam sebuah artikel di New England Journal of Medicine tahun 2007. Penulis artikel itu, David Dosa, mengatakan kepada Mirror Online: "Dia (Oscar) hanya datang ke kamar pasien yang sekarat, yang mendekati kematian. Saya pikir, dia merespons pada feromon atau aroma lainnya."

Dalam laporan itu, David Dosa juga menulis, "Kehadiran Oscar di pinggir tempat tidur pasien menjadi salah satu indikator bagi dokter dan perawat bahwa pasien itu kemungkinan besar akan meninggal dunia." Dengan demikian, imbuhnya, paramedis pun bisa bersiap-siap memanggil keluarga pasien.

Menurut dia, banyak keluarga yang senang melihat Oscar yang bisa memberikan kenyamanan dan penghiburan bagi anggota mereka yang sakit. "Apakah itu hanya menemani orang-orang yang sendirian atau membuat anak-anak sibuk. Itu sangat berharga bagi keluarga," kata dia.

Pada 2013, Oscar sempat menderita alergi parah sehingga harus dilarikan ke perawatan intensif. Di sana, jantung kucing jantan ini sempat berhenti beberapa detik.

Untungnya, dokter hewan yang menangani dia cepat menangani dan jantung Oscar kembali berdetak. Dia sempat menjadi pasien di nursing home selama beberapa bulan.

Setelah itu, dia kembali sibuk bermain dan menghibur para pasien dan keluarga di Steere House Nursing centre.

Suka Artikel Ini? KLIK LIKE

Baca Juga

(im/im)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section