1. HOME
  2. NEWS
KRIMINAL

Karyawan Harvard Curi Uang Rp1 Miliar untuk Beli Lego

Karyawan itu sudah bekerja di salah satu universitas terbaik di dunia selama 17 tahun.

By Stella Maris 26 September 2015 09:00
Lego, mainan susun-bangun yang terbuat dari plastik (Flikr).

Money.id - Pegawai di Harvard University dituduh mencuri uang untuk membeli mainan Lego. Bila ditotal, pria berusia 44 tahun itu telah menghabiskan dana hingga sebesar Rp1,1 miliar.

Hal itu diketahui setelah manajemen Harvard University melihat ada kejanggalan karena  beberapa kebutuhan kampus tak terlihat secara fisik.

Padahal barang-barang tersebut sudah masuk daftar pembelian. Setelah ditelusuri, ternyata Manajer Laboratorium Komputer telah memanipulasi kebutuhan kampus.

Adalah Shawn Bunn yang bekerja di Harvard University selama 17 tahun. Dia menggunakan kartu kredit kampus untuk membeli barang pribadi keinginannya, seperti mainan Lego, iPad, televisi, dan barang lainnya.

Modus operandinya dengan mengalihkan sumber daya (kebutuhan) mahasiswa dan sejumlah fakultas.

Kasus ini pun bergulir ke pengadilan Woburn, Massachusetts, Amerika Serikat. Dia didakwa kasus pencurian dan pemalsuan dokumen.

"Selama periode empat tahun, terdakwa telah menghabiskan lebih dari US$80 ribu (sekitar Rp1,1 miliar)," kata Jaksa Penuntut seperti dikutip laman Dailymail.

Diketahui, setiap kali ada pembelian senilai US$75 atau sekitar Rp1 juta, Bunn harus menyerahkan tanda terima (bukti) tertulis.

Dia juga harus menyertakan alasan mengapa departemen yang bersangkutan harus membeli barang tersebut. (dwq)

(sm/sm)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section