1. HOME
  2. NEWS
DKI JAKARTA

Jadikan Jakarta Kota Layak Anak, Pemprov DKI Gandeng Swasta

Di Jakarta dibangun lima RPTRA antara lain di Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Pulau Pramuka dan Kepulauan Seribu.

By Rohimat Nurbaya 18 Februari 2016 14:48
Ahok meresmikan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di Cengkareng Timur (Astra Internasional)

Money.id - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan PT Astra Internasional meresmikan pembangunan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di Cengkareng Timur, Jakarta Barat, Kamis 18 Februari 2015.

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, Astra membangun lima RPTRA, di Cengkareng ini merupakan yang ketiga. Pria yang akrab di sapa Ahok itu menyebut, lima RPTRA itu ada di Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Pulau Pramuka dan Kepulauan Seribu.

"Saya berharap melalui RPTRA ini, setiap lurah dapat mengenal warganya dan mendengarkan aspirasi mereka," ujar Ahok di Jakarta.

Ahok menyebut, lokasi RPTRA Cengkareng Timur Berseri berdekatan dengan SDN Cengkareng Timur 21 Pagi yang merupakan SD Adiwiyata Binaan Astra.

Dwi Agustini, Kepala Sekolah SDN Cengkareng Timur 21 Pagi mengapresiasi dibangunnya RPTRA di kawasannya, karena dianggap sangat bermanfaat bagi anak-anak, pasalanya selama ini sulit mencari lahan untuk bermain.

Peresmian RPTRA di Cengkareng Timur (Astra Internasional)

"Di halaman SD ini saja setiap akhir jam pelajaran lapangan selalu penuh sampai waktu Magrib. Pernah suatu hari pintu gerbang SD terkunci, tapi anak-anak nekat memanjat pagar karena sangat ingin bermain di halaman ini," terangnya.

Dengan RPTRA tersebut, Dwi berharap anak-anak memiliki ruang terbuka yang lebih luas dan memadai.

"Sebelum dibangun pun, anak-anak ingin bermain futsal, karena tidak ada lapangan futsal yang memadai. Dengan RPTRA ini, kegiatan nonakademik akan lebih maksimal," ujarnya.

Lapangan multifungsi

Chief of Corporate Communications, Social Responsibility & Security PT Astra International Tbk, Pongki Pamungkas mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam membangun RPTRA ini.

"Tanpa kerjasama yang baik dengan pemerintah, tentunya pembangunan RPTRA ini tidak terwujud," terangnya.

Pongky mengatakan, RPTRA Cengkareng Timur itu memiliki luas 1.100 meter persegi, dengan dilengkapi berbagai fasilitas umum seperti lapangan olahraga multifungsi seperti futsal dan bulutangkis.

Ahok meresmikan RPTRA di Cengkareng Timur (Astra Internasional)

Lahan bermain itu juga dilengkapi dengan open theatre, taman bermain, kolam gizi, taman PKK, ruang serbaguna, PKK Gross Mart, ruang laktasi, perpustakaan.

Selain itu ada juga ruang SIM PKK yang bisa dimanfaatkan masyarakat sekitar, sesuai dengan hasil social mapping yang telah dilakukan sebelumnya.

"Keunikan RPTRA Cengkareng Timur Berseri adalah desain jamur yang tampak pada bangunan dan taman di area RPTRA," kata Pongky.

Pongky menjelaskan, desain Jamur tersebut memperkuat identitas Kampung Berseri Astra Jakarta Barat yang berbasis produk olahan Jamur.

(rn/rn)

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section