1. HOME
  2. NEWS
GOOGLE

Google: Palestina Memang Tidak Pernah Ada di Google Maps

Yang hilang di Google Maps bukan Palestina, melainkan...

By Adhi 12 Agustus 2016 09:31
Google Maps (Money.id/Nur Chandra)

Money.id - Baru-baru banyak pengguna internet yang dibuat geram oleh Google. Sebab, raksasa teknologi asal Amerika Serikat itu dipercaya telah menghapus Palestina dari Google Maps dan menggantinya dengan Israel. Sontak berbagai cibiran negatif pun dilayangkan kepada Google.

Namun begitu, menurut penjelasan Google, pihaknya ternyata memang tidak pernah menggunakan label Palestina (atau Palestine) di Google Maps. Akan tetapi, mereka mengakui bahwa memang ada yang hilang di layanan peta digitalnya tersebut, yakni label Jalur Gaza dan Tepi Barat.

"Tidak pernah ada nama Palestina di Google Maps. Akan tetapi, kami memang menemukan ada bug yang menghilangkan label Jalur Gaza dan Tepi Barat," tulis Google dalam keterangan resminya seperti dikutip dari laman Engadget, Kamis 11 Agustus 2016.

Sebagai informasi, bila kita mencari Palestina di Google Maps, nama negara tersebut memang tak ditampilkan di peta. Namun, informasi mengenai kota-kota dan negara Palestina tetap ditampilkan di kotak informasi.

Forum Jurnalis Palestina sempat mengajukan protes soal masalah ini. Menurut mereka, Google telah sengaja menghapus nama Palestina dari Google Maps pada 25 Juli 2016.

Dalam pernyataannya, keputusan Google itu disebut-sebut merupakan bagian dari skema Israel mempertahankan nama negaranya. Bahkan, Google dianggap telah membuat kebohongan sejarah. (poy)

Baca juga:

 

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section