1. HOME
  2. NEWS
NEWS

Gempa 6,1 SR Hingga Jakarta Tak Berpotensi Tsunami

Gempa cukup dangkal dan berada pada sisi dalam lempeng Eurasia.

By Arry Anggadha 6 April 2016 22:39
Ilustrasi Gempa

Money.id - Gempa berkekuatan 6,1 skala Richter mengguncang wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu 6 April 2016. Gempa ini terasa hingga Jakarta.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, menjelaskan, pusat gempa berada pada 101 km Barat Daya Kabupaten Garut. Pusat gempa berada di Samudera Hindia pada kedalaman 10 km. "Tidak berpotensi tsunami," kata Sutopo.

Sutopo menjelaskan, gempa cukup dangkal dan berada pada sisi dalam lempeng Eurasia sehingga dirasakan oleh masyarakat di sekitar Selatan Jawa Barat, sebagian Banten, dan Jawa Tengah.

"Gempa terasa cukup kuat selama 3-4 detik di Garut. Masyarakat berhamburan keluar rumah. Gempa terasa kuat juga dirasakan oleh masyarakat di Cianjur, Tasikmalaya, Sukabumi, Ciamis dan Kota Bandung. Daerah di selatan Garut menerima guncangan paling keras karena berdekatan dengan pusat gempa. Masyarakat sebagian keluar rumah," jelasnya.

Gempa dengan intensitas sedang dirasakan oleh masyarakat di Bogor, Lebak, Pandeglang selatan, Jakarta, Purwakarta dan Ciamis.

"Belum ada laporan kerusakan dan korban jiwa akibat gempa. BPBD masih melakukan pendataan," ujarnya.

(aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section