1. HOME
  2. NEWS
FRESH

Baboon yang Berpasangan Ternyata Hidup Lebih Lama

Ternyata, Baboon betina yang sering bersosialisasi dengan pejantan memiliki umur yang lebih panjang.

By Abdul Kharis 6 Mei 2016 06:08
Ilustrasi baboon yang memiliki pasangan (futurity.org)

Money.id - Baboon wanita yang memilik pasangan hidup dua sampai tiga tahun lebih lama dibandingkan baboon yang sendirian. Penelitian juga menunjukkan bahwa bersosialisasi dengan lawan jenis akan memberikan baabon umur yang lebih panjang.

Mengutip dari futurity.org, Jumat, 6 Mei 2016, sejumlah penelitian sebelumnya pada kera, tikus, dan lumba-lumba telah menyarankan bahwa persahabatan sesama jenis dapat meningkatkan kesehatan hewan dan kelangsungan hidup.

Ternyata setelah diadakan penelitian lebih lanjut, persahabatan hewan dengan lawan jenis atau berpasangan, lebih meningkatkan kesehatan pada hewan.

Para peneliti memperkirakan keterhubungan sosial 204 baboon betina dengan mengukur seberapa sering masing-masing terlibat komunikasi dengan baboon jantan.

Hasilnya, mereka menemukan bahwa betina yang ramah' terhadap baboon jantan  hidup dua sampai tiga tahun lebih lama dibandingkan babbon betina yang jarang menyapa baboon jantan.

Peneliti menemukan bahwa interaksi betina 'dengan betina lain akan berkurang sering dengan usia, sedangkan interaksi mereka dengan baboon jantan tetap sama.

Ternyata baboon yang memiliki pasangan akan hidup lebih lama dengan mereka yang tidak mempunyai pasangan.

 

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section