1. HOME
  2. NEWS
NEWS

Dituduh Buat Bom oleh Gurunya, Ahmed Mohamed Tuntut US$15 Juta

Penahanan itu membuat Ahmed trauma, kini ia pun memilih pindah ke Qatar.

By Dwifantya Aquina 24 November 2015 10:00
Remaja yang pernah dituduh buat bom, Ahmed Mohamed (Daily Mail)

Money.id - Masih Ingat dengan Ahmed Mohamed? Siswa berusia 14 tahun itu sempat ditahan polisi dan diskors dari sekolahnya di Texas karena gurunya mengira jam yang ia bawa sebagai bom.

Penahanan Ahmed menimbulkan kemarahan, simpati dan tagar populer #StandWithAhmed.

Tak terima diperlakukan buruk dan membuat trauma membekas di dirinya, Ahmed akhirnya menuntut kota dan sekolahnya sebesar US$15 juta.

Dilansir laman BBC, Selasa 24 November 2015, pengacara Ahmed, dalam suratnya mengatakan, insiden yang menjadi berita utama dunia itu memicu ancaman terhadap remaja Muslim itu dan membuatnya trauma. Ahmed dan keluarganya kini pindah ke Qatar untuk menyelesaikan pendidikannya.

Pengacaranya meminta kompensasi US$10 juta dari Kota Irving dan US$5 juta dari Irving Independent School District karena diperlakukan tidak semestinya dan menyebabkan ketakutan.

Selain kompensasi, mereka juga menuntut permintaan maaf. Pengacara akan mengajukan gugatan sipil jika sekolah tidak merespons tuntutan tersebut dalam 60 hari.

"Petugas polisi Irving segera menentukan jam buatan itu tidak berbahaya. Satu-satunya penyebab reaksi berlebihan mereka adalah tindakan orang dewasa yang tidak rasional dan berasumsi Ahmed berbahaya atas dasar ras, asal dan agama," ujar pengacara dalam surat kepada Kota Irving.

Majalah TIME menobatkan Ahmed dalam daftar 30 Remaja Paling Berpengaruh 2015. Ahmed pun sempat mendapatkan dukungan dari Presiden AS Barack Obama atas kreativitasnya dalam membuat jam itu. 

Suka Artikel Ini? KLIK LIKE

Baca Juga

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section