1. HOME
  2. NEWS
NEWS

Di Negara Ini Anda Harus Tepat Waktu, Kalau Tidak...

Waktu adalah sumber kepuasan mendalam dan merupakan cara orang untuk saling menghormati.

By Stella Maris 31 Juli 2016 08:40
Ilustrasi Tepat Waktu (Pixabay)

Money.id - Hampir setiap negara memiliki ciri khas, seperti Jepang yang dikenal sebagai negara gila kerja. Ternyata Swiss juga dikenal sebagai negara yang paling benci dengan keterlambatan.

Bila Anda tipe orang yang kurang bisa mengatur waktu, kunjungan ke Swiss bukan hanya memunculkan kekaguman. Anda bisa jadi stres dengan kebiasaan mereka.

Bagi masyarakat Swiss, tepat waktu bukan hanya kiasan dalam kehidupan. Waktu adalah sumber kepuasan mendalam dan merupakan cara orang untuk saling menghormati.

Jika seseorang membuat janji untuk bertemu jam dua siang, maka mereka wajib datang sesuai perjanjiannya. Lebih baik Anda datang lebih awal, dibandingkan datang meskipun terlambat lima menit.

Dikutip laman BBC, Minggu 31 Juli 2016, dengan datang tepat waktu seorang warga Swiss seolah berkata, "Saya menghargai waktu Anda." Dengan kata lain, "Saya menghargai Anda sebagai manusia."

Namun di berbagai belahan dunia, ketepatan waktu memudar. Sebagian menyalahkan adanya ponsel, sehingga memudahkan seseorang menginformasikan bahwa dia akan datang terlambat.

Luar biasanya, hal tersebut tak dijumpai di Swiss.

Swiss bantu ubah gaya hidup
Susan Jane Gilman, warga Amerika yang telah tinggal 11 tahun di Jenewa mengungkap kekagumannya. Dia mengaku tidak pernah menjumpai taksi yang datang terlambat.

Dia bahkan merasa takjub, saat membeli kulkas baru yang dikirim tepat waktu seperti yang dijanjikan toko. Hal itu ternyata berlaku bagi semua jenis barang dan toko.

Susan mengaku Swiss telah mengubah perilakunya. Sebelumnya dia adalah tipe pribadi yang suka datang terlambat. Namun kini dia masuk kategori wanita yang datang tepat waktu.

"Saya merasa mendapat penghormatan yang besar karena menghargai waktu orang lain," katanya.

Meski demikian, tak ada yang tahu mulai kapan tradisi tepat waktu itu menjadi kebiasaan masyarakat Swiss. Secara kebetulan, tradisi tepat waktu dikaitkan dengan reputasi Swiss sebagai pembuat jam tangan terbaik di dunia.

Tak hanya tepat waktu, Swiss juga memiliki reputasi terbaik lainnya, seperti fasilitas umum (toilet) paling bersih di dunia. Adanya kran air umum untuk minum di Swiss juga terjamin.

Air yang segar diklaim sangat segar karena berasal dari sumber mata air alami dari Pegunungan Alpen. (poy)

(sm/sm)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section