1. HOME
  2. NEWS
NEWS

Dalih Ahok Soal Banjir yang Kepung Jakarta Pagi Ini

Jika gubernur-gubernur sebelumnya kerap dihujat warga yang menjadi korban banjir, bagaimana dengan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama?

By Dwifantya Aquina 21 April 2016 18:15
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Merdeka.com)

Money.id - Hujan deras mengguyur wilayah Jabodetabek pada Kamis dini hari, 21 April 2016. Sejumlah kawasan di ibu kota pun tak terhindar dari genangan.

Jika gubernur-gubernur sebelumnya kerap dihujat warga yang menjadi korban banjir, bagaimana dengan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama?

Ternyata, Ahok--sapaan Basuki-- punya 'dalih' tersendiri soal banjir yang melanda ibu kota pagi tadi. Menurut Ahok, genangan banjir di beberapa titik di ibu kota, terutama di Jakarta Utara karena pasang air laut. Ia juga menjelaskan dengan naiknya air laut, mesin-mesin pompa air tak mampu berfungsi maksimal.

"Ya pasti kalau hujan, bertepatan dengan laut lagi pasang, maka Jakarta tergenang. Saya sudah ngomong berkali-kali. Makanya, kita sedang menyiapkan tanggul yang tinggi. Kalau kita matikan pompa, semua (kawasan) Gunung Sahari meluap," katanya di Balai Kota, hari ini.

Ahok pun mengomentari soal genangan yang terjadi di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur. Menurut mantan bupati Belitung Timur itu, penyebab genangan diakibatkan kawasan yang tergenang berada di daerah aliran sungai (DAS). Ia menyebutkan permukiman di sepanjang bantaran Kali Krukut menjadi seharusnya merupakan DAS.

"Krukut kenapa meluap? Karena Krukut belum normalisasi," ujarnya.

Ia mengatakan cara yang bisa dilakukan untuk menghindari genangan, yaitu normalisasi sungai-sungai yang ada di Jakarta. Meski begitu, ia mengakui normalisasi harus dilakukan bersamaan dengan penyediaan rumah susun sederhana sewa (rusunawa) untuk tempat tinggal yang baru bagi warga bantaran sungai.

"Lebar Sungai Pesanggrahan itu 60 meter kok, tetapi tinggal 15 meter. Mau enggak mau saya mesti lebarin. Tetapi, orang pada tinggal di situ jadi masalah. Maka, tunggu rusun jadi. Mei sudah jadi lagi beberapa ratus unit," jelasnya.

Bukan hanya kawasan Jakarta yang tergenang banjir sejak Kamis dini hari, daerah Bekasi dan Depok pun mengalami hal yang sama. Bahkan banjir setinggi hampir empat meter merendam sejumlah perumahan di seputaran Kali Bekasi, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi.

Petugas pintu air Bendung Kali Bekasi mencatat, ketinggian limpasan air pada Kamis siang tadi merupakan yang paling tinggi sejak bendungan itu dibangun.

Baca Juga

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section