1. HOME
  2. NEWS
MOTOGP

Daftar Musuh Valentino Rossi Sebelum Lorenzo & Marquez

Max Biaggi, Sete Gibernau, dan Casey Stoner adalah 3 rival Rossi di masa lalu.

By Adhi 9 November 2015 14:14
Valentino Rossi (motogp.com)

Money.id - Nama besar Valentino Rossi sebagai legenda perhelatan MotoGP tak didapatnya dengan mudah. Pria kelahiran Urbino, Italia, 36 tahun lalu ini harus menghadapi persaingan ketat dengan sejumlah rider lain.

Jika kini Jorge Lorenzo dan Marc Maquez identik sebagai tokoh "antagonis" musuh besar Rossi, maka sebelumnya ada sejumlah rider lain yang terlibat perseteruan dengannya.

Sebelum era Lorenzo dan Marquez, Rossi tercatat pernah terlibat "peperangan" dengan 3 rider MotoGP lainnya. Siapa saja? Berikut ulasannya:

1. Valentio Rossi VS Max Biaggi

Biaggi ada senior Rossi yang sama-sama berasal dari Italia. Ia juga bisa disebut sebagai rival berat pertama Rossi di ajang MotoGP. Baik Rossi dan Biaggi sama-sama berlaga di ajang MotoGP pada musim 2000. Akan tetapi, persaingan mereka sebenarnya sudah dimulai sejak pertengahan 90-an, saat keduanya berlaga di kelas 250 cc.

"Pertarungan" terpanas antara Rossi dan Biaggi terjadi pada tahun 2001 di sirkuit Motegi, Jepang. Rossi yang menjalani musim keduanya di kelas 500 cc (MotoGP) sempat disikut oleh Biaggi saat keduanya sama-sama menikung dengan kecepatan 200 km/jam. Alhasil, Rossi sempat keluar lintasan, meski dia bisa kembali beraksi. Rossi pun tak tinggal diam, ia membalas sang senior dengan mengacungkan jari tengahnya.

2. Valentino Rossi VS Sete Gibernau

Pasca Biaggi, Rossi mendapatkan musuh baru, yakni Sete Gibernau. Rivalitas antara Rossi dengan rider asal Spanyol itu dimulai di musim 2004 pada gelaran MotoGP Qatar. Ketika itu, kru Movistar Yamaha tertangkap basah membersihkan grid start agar Rossi mendapatkan traksi maksimal. Tim Gibernau melancar protes yang berdampak pada dihukumnya Rossi ke posisi paling belakang.

Makin memanaskan perseteruan keduanya adalah pada balapan di Jerez pada tahun 2005. Ketika itu kedua pebalap bersenggolan di tikungan terakhir dan membuat Gibernau terjebak masuk gravel. Sejak insiden di Qatar, Rossi dan Gibernau tak pernah saling berbicara.

3. Valentino Rossi VS Casey Stoner

Musuh besar ketiga Rossi adalah Casey Stoner, yang rivalitasnya dimulai di tahun 2007. Duel paling panas antara Rossi dengan Stoner terjadi di Laguna Seca tahun 2008.

Dalam sebuah momen Stoner melebar dan masuk ke gravel. Meski akhirnya bisa kembali ke lintasan, rider asal Australia itu tak bisa mendekati Rossi dan harus puas finis kedua. (ita)

Suka Informasi Ini? Klik Like Ini

Baca Juga

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section