1. HOME
  2. NEWS
HARGA BBM

Harga Solar dan Premium Turun Rp500 per Liter

Harga Premium jadi Rp6.450 per liter, sedangkan Solar Rp5.150. Ke depannya harga BBM akan di-riview setiap tiga bulan.

By Rohimat Nurbaya 30 Maret 2016 18:25
Ilustrasi SPBU (Money.id/Dwi Narwoko)

Money.id - Pemerintah menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium dan Solar sebesar Rp500 per liter. Premium yang semula harganya Rp6.950 per liter jadi Rp6.450 per liter. 

Kemudian Solar semula Rp5.650 per liter jadi Rp5.150 per liter. Harga baru Premiun dan Solar mulai berlaku, Kamis 1 April 2016.

"Penurunan ini dilakukan karena regulasi meminta Pemerintah untuk tidak melepaskan harga BBM sepenuhnya pada mekanisme pasar," kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said, Rabu 30 Maret 2016 seperti dikutip laman Setkab RI.

Menurut Sudirman, tugas pemerintah dalam hal ini adalah menjaga supaya ada stabilitas, naik turunnya harga tidak terlalu tinggi. "Pemerintah akan menjaga bahwa setiap tiga bulan, harga BBM akan di-reviw kembali dan dipertahankan hingga enam bulan ke depan," tuturnya.

Lebih Murah

Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung mengatakan, harga bahan bakar premium dan solar di Indonesia, saat ini masih lebih murah dibanding beberapa negara ASEAN seperti Vietnam, Filipina, Kamboja, Singapura, Laos, dan sebagainya.

"Hanya Malaysia saja yang lebih murah dari Indonesia," kata Pramono.

Dia menjelaskan, arahan Presiden terkait penetapan harga ini fokus untuk menjaga apa yang menjadi fundamental kebijakan dasar pemerintah agar harga terjangkau dalam jangka panjang.

"Terlebih mendekati lebaran dan puasa. Sehingga perlu langkah-langkah yang diatur oleh pemerintah, terutama harga BBM," ucapnya.

Pramono menambahkan, terkait penurunan harga BBM bisa menurunkan harga-harga bahan pokok. Kata dia, presiden juga meminta Menteri Perhubungan untuk dapat menurunkan biaya transportasi, terutama angkutan publik yang dipakai oleh masyarakat.

Baca Juga

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section