1. HOME
  2. NEWS
TEROR PRANCIS

Teror Prancis, Berapa Gaji Anggota ISIS?

Kabarnya seorang pejuang ISIS diiming-imingi gaji selangit dalam melaksanakan tugasnya.

By Adhi 16 November 2015 13:54
Para pejuang ISIS (Huffingtonpost.com)

Money.id - Islamic State of Islam and Suriah alias ISIS mengklaim bertanggung jawab atas serangan teror berdarah yang melanda Paris, Prancis. Sekitar 140 orang tewas dalam serangan tersebut. Sementara itu, lima orang tersangka teroris yang diduga sebagai anggota ISIS tewas di tangan otoritas Prancis.

Entah bagaimana doktrin yang diterapkan pimpinan ISIS untuk menghipnotis para anggotanya agar memiliki mental berani mati. Namun, menurut kabar yang beredar,  seorang pejuang ISIS diiming-imingi gaji selangit dalam melaksanakan tugasnya.

Berdasarkan pengakuan Malik Niyaz, seorang mantang pejuang ISIS asal Afghanistan yang membelot, gaji seorang anggota ISIS mencapai US$500-US$1.700 atau sekitar Rp6 juta hingga 23 juta per bulan tergantung posisi mereka.

"Seorang pejuang biasa akan mendapatkan rata-rata US$500-US$800 (Rp6-10 juta). Gaji di tingkat yang lebih tinggi jauh lebih besar," jelas Niyaz seperti yang dikutip dari VOA News, Senin 16 November 2015.

Apa yang dikatakan Niyaz bukan omong kosong. Dilansir laman IB Times, ISIS dilaporkan menggaji para manajer perusahaan minyak yang berhasil mereka kuasai sebesar US$225 ribu atau sekitar Rp3 miliar per tahun.

ISIS juga gencar merekrut anggota baru melalui media sosial. Data yang dirilis CIA mengungkapkan bahwa ISIS telah berhasil menjaring sekitar 30 ribu anggota dari berbagai negara melalui media sosial dalam kurun waktu lima tahun terakhir.

Menariknya, para perekrut juga dijanjikan bayaran yang cukup menggiurkan. Rumornya, perekrut akan mendapatkan US$10 ribu atau sekitar Rp137 juta untuk tiap individu yang berhasil mereka bujuk bergabung dengan ISIS. (ita)

Suka Informasi Ini? Klik Like Ini

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section