1. HOME
  2. NEWS
HARGA BBM

BBM Pertamina Turun Lagi, Kini Jauh Lebih Murah dari Shell

Pada Maret 2016, Pertamina sudah dua kali menurunkan harga BBM non subsidi. Jadi bulan ini BBM non subsisdi total sudah turun Rp400 per liter.

By Rohimat Nurbaya 30 Maret 2016 14:04
Ilustrasi SPBU (Money.id/Dwi Narwoko)

Money.id - PT Pertamina (Persero) kembali menurunkan harga bahan bakar minyak non subsidi jenis Pertamax, Pertamax Plus, Pertamina Dex dan Pertalite. Semunya turun Rp200 per liter berlaku mulai dini hari tadi, Rabu, 30 Maret 2016. Pukul 00:00 WIB.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro mengatakan penurunan harga BBM non subsidi tersebut seiring dengan tren harga minyak mentah dunia yang menurun.

"Penetapan harga BBM Umum merupakan kebijakan korporasi Pertamina dimana review dilakukan secara berkala," kata Wianda melalui rilis diterima Money.id.

Pada 15 Maret 2016 lalu Pertamina sudah menurunkan harga BBM non subsidi sebesar Rp200 per liter. Jadi ini merupakan keduakalinya Pertamina menurunkan harga BBM non subsidi dalam satu bulan.

Pada bulan ini saja Pertamina telah menurunkan harga BBM umum jenis Pertamax, Pertamax Plus, Pertamina Dex, dan Pertalite sebesar Rp400 per liter.

Wianda menuturkan, dengan penurunan harga tersebut diharapkan masyarakat konsumen dapat menikmati berkendara dengan BBM yang memiliki kualitas sesuai mesin kendaraannya.

Kemudian, guna mengantisipasi peningkatan konsumsi, Pertamina akan secara ketat memantau ketersediaan stok BBM Umum tersebut di tingkat SPBU.

Selain itu, Pertamina juga akan terus mengupayakan untuk memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat dan memastikan tidak akan ada kekosongan produk di SPBU. Karena menurut Wianda, dengan turunnya harga, konsumsi akan meningkat.

"Untuk memastikan masyarakat dapat terlayani Pertamina telah instruksikan seluruh SPBU untuk menyiapkan stok dengan cukup," terangnya.

Harga BBM

Penurunan harga BBM non subdsidi di Jakarta Pertamax yang semula Rp7.750 per liter turun menjadi Rp7.550 per liter. Kemudian Pertamax Plus turun dari Rp8.650 per liter menjadi Rp8.450 per liter.

BBM Umum jenis Pertalite turun dari harga Rp7.300 per liter, menjadi Rp7.100 per liter. Solar atau Biosolar non subsidi turun dari Rp7.150 per liter menjadi Rp6.950 per liter.

Penurunan harga di Jakarta, juga terjadi pada produk diesel berkualitas tinggi yakni, Pertamina Dex dari semula Rp8.600 per liter menjadi Rp8.400 per liter.

Bila dibandingkan dengan harga BBM Shell, saat ini BBM dijual Pertamina jauh lebih murah hingga Rp400 per liter. BBM jenis Shell Super yang memiliki kandungan oktan 92 atau setara dengan Pertamax dijual Rp7.850, sedangkan Pertamax hanya Rp7.550.

Kemudian untuk BBM jenis Shell V-Power yang memiliki kandungan oktan 95 atau setara dengan Pertamax Plus dijual Rp8.850 per liter, sedangkan Pertamax Plus dijual hanya Rp8.450 per liter. Lalu untuk BBM jenis Shell Diesel atau setara dengan Pertamina Dex dijual Rp8.500 per liter, sedangkan Pertamina Dex hanya Rp8.400 per liter.

Berikut perbandingan lengkapnya:

 

Baca Juga

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section