1. HOME
  2. INSPIRATORY
INSPIRATORY BISNIS

Pierre Omidyar, Dermawan di Balik Kesuksesan eBay

Kesuksesan eBay ini menjadi inspirasi bagi banyak perusahaan jual beli lainnya.

By Dwifantya Aquina 24 September 2015 14:00
Pierre Omidyar (Flickr/Joi)
Situs berbelanja online kini marak diburu para pengguna internet. Pembelinya beragam, baik pria maupun wanita dengan rentang usia yang luas. Namun, tak banyak orang mengetahui awal mula munculnya situs belanja eBay, yang kini menjadi paling populer di dunia ini.
 
Adalah Pierre Omidyar, pria kelahiran Paris, Prancis, 21 Juni 1967, pendiri eBay. Meski lahir di Prancis, Omidyar sebenarnya berdarah Iran. Sejak kecil, ia sudah memperlihatkan minat dan kemampuannya dalam pemrograman komputer. 
 
Pada 1995, ia mendirikan situs belanja yang kini tersohor namanya itu. Awalnya situs ini dimiliki oleh Echo Bay Technology Group, firma konsultasi Omidyar. 
 
Omidyar telah mencoba mendaftar nama domain "EchoBay.com" namun nama itu telah dimiliki orang lain, sehingga akhirnya ia memendekkan namanya menjadi "eBay.com". eBay bermarkas di San Jose, California, Amerika Serikat.
 
Kartika Sari, Bisnis Keluarga yang Tak Lekang Ditelan Zaman
 
Awal mula berdirinya eBay, sebenarnya tercipta karena niat Omidyar membantu seorang teman dekat untuk mendapatkan pembeli bagi produk yang dijualnya. Ternyata, dari sekadar iseng membantu teman, menjadi ide bisnis yang brilian. Walaupun awalnya peluncuran bisnis eBay merupakan uji coba terhadap bisnis yang berbasis internet yang saat itu belum ada di dunia maya, ternyata malah membawa keuntungan yang lebih banyak bagi Omidyar.
 
Rahasia kesuksesan situs eBay, menurut Omidyar, dalam wawancaranya dengan dengan Robert D Hof dari BusinessWeek, adalah adanya nilai-nilai yang dianutnya dan kekuatan eBay pada komunitas yang terbentuk. Nilai-nilai yang dianut dalam bisnis eBay adalah ia percaya bahwa pada dasarnya manusia itu baik. Percaya bahwa setiap orang memiliki suatu keunggulan yang bisa diberikan kepada orang lain.
 
Selain itu, ia juga percaya bahwa kejujuran dan lingkungan keterbukaan bisa membawa kebaikan pada diri manusia. Mengakui dan menghormati setiap orang sebagai individu yang unik, dan menerapkan aturan emas bahwa bisnis eBay memperlakukan setiap pribadi yang terlibat dengan sebaik mungkin.
 
Karena pada dasarnya setiap manusia ingin diperlakukan dengan baik, manusia tersebut harus memperlakukan yang baik pula terhadap manusia lainnya. Komunitas yang dimaksud dalam bisnis itu adalah para penjual dan pembeli yang ada dan bersama-sama membentuk sebuah dunia perdagangan online yang berkesinambungan.
 
Demam #IStandWithAhmed dan Islamophobia di AS
 
Berkat nilai-nilai yang dianutnya itulah kini eBay telah memiliki ratusan juta anggota. eBay juga telah memiliki situs web yang tersebar di banyak negara, seperti AS, Kanada, Belanda, Irlandia, Prancis, Jerman, Belanda, Spanyol, Swedia, Switzerland, Italia, Austria, Belgia, India, Australia, Selandia Baru, Cina, Singapura, Taiwan, Hong Kong, Malaysia, Filipina, dan Korea Selatan.
 
Kesuksesan eBay ini menjadi inspirasi bagi banyak perusahaan lelang lainnya yang menyebar ke seluruh dunia. Ide daripada eBay ini merupakan salah satu contoh dari fenomena "Long Tail" yang dipaparkan oleh Chris Andersen lewat bukunya yang berjudul sama "The Long Tail", bahwa pasar ideal akan tercipta dimana keragaman barang yang dijual akan semakin banyak, sementara jumlahnya semakin sedikit. Sumber pendapatan eBay banyak berasal dari paypal.
 
Dermawan
 
Kesuksesan eBay tentunya mengantarkan Omidyar menjadi seorang miliuner. Namun, kesuksesan tersebut tidak menjadikannya lupa diri atau melupakan masyarakat sekitarnya. Pada 1998, bersama istrinya, Pamela, Omidyar mendirikan yayasan eBay atau Omidyar Network. Yayasan ini memberikan pendidikan gratis mengenai teknologi dan aplikasi dari teknologi tersebut pada masyarakat yang memerlukan.
 
Ia percaya bahwa investasi kebaikan yang diberikan kepada masyarakat secara sukarela (seperti ketika ia mendirikan eBay pertama kali, dengan niat membantu teman dan juga masyarakat bisnis), pastinya akan membuahkan sesuatu yang positif di masa yang akan datang.
 

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Inspiratory Section