1. HOME
  2. INSPIRATORY
INSPIRATORY BISNIS

Perjanalan Jonathan, Bangun Hobi Jadi Sebuah Bisnis Menggiurkan

Awalnya Jonathan bekerja sebagai manajer di sebuah penerbit buku. Tetapi kini dia memilih untuk usaha.

By Rohimat Nurbaya 3 Agustus 2016 09:06
Jonathan Kho (Tokopedia)

Money.id - Kecintaan Jonathan Kho terhadap buku dan dunia fiksi membawanya hingga ke dunia pekerjaan. Dia pernah bekerja sebagai manajer di salah satu penerbit buku ternama di Jakarta. Sejak kecil, Jonathan Kho hobi membaca buku dan komik. Jonathan mengoleksi berbagai komik seperti Doraemon, Kung Fu Boy hingga buku-buku karya Enid Blyton.

Dokutip dari laman Tokopedia, ketertarikannya pada buku bukan tanpa alasan. Bagi Jonathan, buku-buku yang terbit di masanya merupakan harta yang kaya akan ide cerita dan imajinasi. Sebagai pengkoleksi buku cetakan lama, Jonathan merasa buku-buku tersebut semakin sulit didapat.

Buku yang dimiliki Jonathan mulai jarang dijual di toko buku bahkan tak jarang harus berburu hingga ke pasar buku bekas. Dari sini, pria kelahiran 7 November 1983 ini melihat peluang dari hobinya. Sebelum memiliki toko online sendiri seperti sekarang ini, Jonathan kerap membantu mertuanya berjualan online.

Produk yang dijual cukup beragam, mulai dari termos hingga spare part sepeda. Hingga akhirnya Jonathan melihat peluang usaha dari buku koleksinya dan memutuskan berjualan secara online. Bahkan, nama toko miliknya diambil dari nama panggilan mertuanya tersebut yakni Om Botak.

Pada Februari 2015, Jonathan pun mengundurkan diri dari semua pekerjaan awalnya dan mulai fokus menjalankan bisnis sesuai dengan hobinya. Jonathan menjual koleksi buku-buku cetakan lama yang dimilikinya.

Jonathan mengakui, tidak mudah menjalankan bisnis setelah sekian lama menjadi pegawai. Namun baginya, sukses itu adalah ketika dia bisa bekerja di bidang yang saya sukai, bisa mengatur waktu sendiri dan punya banyak waktu berkualitas dengan keluarga.

Dalam mengembangkan toko yang dinamai 'Om Botak' tersebut, Jonathan mengutamakan pelayanan dengan selalu berusaha memberikan informasi yang pembeli butuhkan, demi kepuasan pembeli. Kini, Om Botak telah memiliki dua orang karyawan yang membantunya untuk berjualan buku cetakan lama.

"Seperti kata pepatah, one man trash is another man treasure, saya percaya bisnis buku bekas masih menjanjikan. Lewat model berjualan di marketplace ini, saya berharap bisa membantu pencinta buku bekas mendapatkan buku incarannya. Mereka tinggal mengetikkan judul buku yang mereka cari dan bisa menemukannya dengan mudah," ujarnya. (poy)

Lihat videonya di sini:

(rn/rn)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Inspiratory Section