1. HOME
    2. INSPIRATORY
SOSOK INSPIRATIF

4 Sosok Inspiratif di Balik Kesuksesan Industri Otomotif Jepang

Hingga kini empat perusahaan asal negeri Sakura itu, merajai pasaran otomotif dunia, termasuk melibas Eropa dan Amerika.

By Rohimat Nurbaya 26 April 2016 20:06
Torakusu Yamaha (Yamaha.co.jp)

Money.id - Jepang merupakan salah satu produsen otomotif terbesar di dunia. Beberapa merek otomotif besar di dunia berasal dari negara tersebut, misalnya Yamaha, Kawasaki, Suzuki dan Honda. Empat perusahaan tersebut sudah berdiri sejak puluhan bahkan ratusan tahun lalu.

Hingga kini empat perusahaan asal negeri Sakura itu, merajai pasaran otomotif dunia, termasuk melibas Eropa dan Amerika yang notabene lebih dulu 'bermain' di industri otomotif. Keberhasilan empat perusahaan itu tidak terlepas dari pendiri mereka yang merupakan orang-orang terbaik di Jepang. Mereka mendirikan perusahaan dari nol.

Berikut empat sosok inspiratif pendiri empat perusahaan otomotif ternama di Jepang:

1. Torakusu Yamaha

Torakusu Yamaha merupakan pendiri perusahaan bernama Nippon Gakki. Kini perusahaan tersebut berubah nama menjadi Yamaha Corporation. Kini mereka membuat alat musik, sound system dan sepeda motor. Awalnya Yamaha tidak bergerak di bidang otomotif tapi memproduksi organ dan beberapa alat musik. Perusahaan itu berdiri pada 1887.

Namun setelah Torakusu Yamaha meninggal, pada 8 Agustus 1916, Nippon Gakki semakin melebarkan sayap dengan membuat berbagai produk, tidak hanya alat musik saja. Bahkan saat Perang Dunia II mereka sempat memproduksi baling-baling pesawat terbang.

Tidak hanya itu, Nippon Gakki mengirim salah satu insinyur terbaik mereka bernama, Kawakami mengunjungi beberapa pabrik di Jerman untuk belajar membuat sepeda motor.

Kemudian pada Agustus 1954 lahir motor prototipe karya Nippon Gakki. Motor itu dinamai Yamaha YA-1. Nama itu dinamai untuk menghormati Torakusu Yamaha. Motor itu menggunakan mesin 2-tak 125 cc berpendingin udara.

 

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Inspiratory Section