1. HOME
  2. INSPIRATORY
SOSOK INSPIRATIF

Mengintip Penghasilan CEO Google Pada 2015

Pichai yang saat ini berusia 43 tahun, memiliki jalan karier yang sangat luar biasa hingga menjadi CEO ketiga Google.

By Rohimat Nurbaya 17 April 2016 11:13
CEO Google, Sundar Pichai (Forbes)

Money.id - Ditunjuk sebagai CEO Google, Sundar Pichai yang memiliki pendapatan senilai US$100 juta atau setara Rp1,01 triliun. Menurut laporan kekayaan yang diumumkan perusahaan selain digaji US$652,500 atau setara Rp6,6 miliar, Pichai menerima sekitar US$99,8 juta atau setara Rp1,01 triliun dalam bentuk saham Google.

Dikutip dari laman celebritynetworth.com yang juga mengutip Bussiness Insider, Pichai telah lama menjadi karyawan Google, dan sebelumnya bekerja untuk browser Chrome dan sistem operasi mobile Android. Dia menjadi CEO Google pada pertengahan 2015 setelah pendiri dan CEO sebelumnya Larry Page mengumumkan perusahaan akan melakukan restrukturisasi.

Dalam rangka memperbaiki manajemen raksasa teknologi dunia itu, Page membagi perusahaan menjadi beberapa bisnis dan mengelolanya di bawah perusahaan induk tunggal yang disebut Alphabet. Page kemudian menjadi CEO Alphabet, sehingga memungkinkan Pichai untuk mengambil posisi tertinggi di Google.

Pichai yang saat ini berusia 43 tahun, memiliki jalan karier yang sangat luar biasa hingga menjadi CEO ketiga Google. Lahir dan dibesarkan di India, ia datang ke Amerika Serikat untuk belajar di Universitas Stanford.

Setelah bekerja di perusahaan lain selama beberapa tahun, Pichai akhirnya bergabung dengan Google pada tahun 2004. Salah satu proyek pertamanya adalah membuat toolbar Google. Dia kemudian bekerja pada proyek-proyek profil tingkat tinggi, seperti browser andalan Google yang menuai sukses besar, Chrome.

Pichai juga mengambil alih tanggung jawab di Android setelah Andy Rubin mengundurkan diri pada Maret 2013. Sejak saat itu, dia menangani lebih banyak proyek di Google, termasuk mengawasi Google+, Google Wallet, dan Android Pay.

Sejak bergabung dengan Google, Pichai telah mengembangkan reputasi sebagai orang yang ramah, penuh dukungan, dan sangat disukai. Banyak orang senang Google dikendalikan olehnya. Dalam sebuah posting blog pengumuman restrukturisasi Google dan penunjukkan Pichai sebagai CEO tahun lalu, Page menulis:

"Sundar sering mengatakan hal yang saya akan katakan (dan kadang-kadang lebih baik!) dalam beberapa kesempatan, dan saya sangat menikmati pekerjaan kami bersama-sama. Sergey (Brin, pendiri Google lainnya) dan saya super gembira tentang kemajuan dan dedikasi Sundar untuk perusahaan."

Dalam sebuah artikel feature di BuzzFeed baru-baru ini, Clay Bavor, kepala proyek virtual reality Google, menambahkan merasa senang Pichai menjadi CEO baru Google:

"Anda ingin orang yang sangat bijaksana dan peduli pada manusia yang selalu memikirkan hal [tentang teknologi] dan memimpin perusahaan agar semuanya terwujud. Saya benar-benar senang bahwa dialah orangnya (Sundar Pichai) yang menjadi CEO Google."

Baca Juga

(rn/rn)

Komentar

Recommended

What Next

More From Inspiratory Section