1. HOME
    2. INSPIRATORY
SOSOK INSPIRATIF

Kisah Arif Bangun Gang Dolly Jadi Kawasan Industri Kreatif

Dia berharap orang-orang yang tinggal di bekas tempat lokalisasi terbesar itu bisa membuka lembaran baru dalam kehidupan mereka.

By Rohimat Nurbaya 3 Mei 2016 10:31
CEO Dus Duk Duk, Muhammad Arif Susanto (Facebook)

Money.id - Muhammad Arif Susanto (24) memiliki mimpi yang sangat mulia. Sukses membangun usaha kreatif bernama Dus Duk Duk, kini dia berharap bisnisnya itu bisa dijalankan semua orang yang memiliki mimpi besar ingin sukses jadi pengusaha.

Meski masih menyandang status sebagai mahasiswa, namun apa yang dilakukannya sangat mulia. Dia memberikan pelatihan usaha dan melakukan pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di kawasan Dolly, Surabaya, Jawa Timur. (BACA JUGA: Olah Kardus Jadi Furnitur, Mahasiswa Ini Raup Ratusan Juta per Bulan)

Daerah tersebut awalnya merupakan tempat lokalisasi dan pelacuran terbesar di Asia Tenggara. Gang Dolly resmi ditutup oleh Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini pada 9 Juni 2014 lalu.

"Selain sibuk mengembangkan Dus Duk Duk, saya membantu pengembangan usaha di daerah Dolly," ucap Arif kepada Money.id.

Dus Duk Duk yang didirikan Arif adalah sebuah usaha kreatif yang membuat berbagai furnitur, dekorasi rumah dan mainan anak dengan berbahan kardus. Usaha itu beromzet sangat besar, bisa sampai ratusan juta rupiah per bulan.

Dia berharap orang-orang yang tinggal di bekas tempat lokalisasi terbesar di Indonesia itu bisa memiliki penghasilan tetap dan membuka lembaran baru dalam kehidupan mereka. Dengan begitu, industri kreatif di Surabaya terus tumbuh jadi semakin besar.

"Saya mengajarkan kepada mereka membuat produk dari bahan kardus, kemudian saya membantu menjualnya," kata Arif.

Meski saat ini Arif sedang disibukkan dengan urusan skripsi kuliah, namun dia tetap berusaha maksimal membina warga Gang Dolly supaya eksis di dunia bisnis. Dia yakin, dengan perjuangannya itu bisa berbuah manis bagi bisnis yang sedang dijalankannya itu.

"Kami yakin pasti ada yang harus diperjuangkan untuk menjadikan produk ini bagus, sehingga disukai dan dekat dengan masyarakat," imbuhnya.

BACA JUGA

NEXT>> Program melukis harapan

 

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Inspiratory Section