1. HOME
  2. INSPIRATORY
INSPIRATORY BISNIS

Arief Sukses Kenalkan Masakan Sunda pada Dunia

Apa yang dilakukan Arief sebagai dedikasi pada ibu rumah tangga yang berkontribusi pada keragaman masakan Indonesia.

By Rohimat Nurbaya 20 Oktober 2015 12:32
Rumah makan Bumbu Desa (Foto: Indoturs)

Money.id - Arief Wirawangsadita adalah orang yang berada di balik kesuksesan rumah makan Bumbu Desa. Tak hanya di Tanah Air, Bumbu Desa kini 'hijrah' hingga ke Kanada dan Amerika Serikat.

Bumbu Desa didirikan sebagai sebuah bentuk dedikasi dan apresiasi bagi para jagoan masak 'zaman baheula'. Bagi Arief, ibu rumah tangga di tanah priangan sangat berkontribusi dalam memperkaya ragam masakan Indonesia.

Karena itu Arief 'bernafsu' ingin memperkenalkan masakan Sunda hingga seluruh dunia. Desain restoran di bangun pun identik dengan suasana kampung.

Arief merupakan putera asli Bandung. Dia memang pengusaha yang ingin mengangkat budaya tradisional. Saat memulai bisnis tidak mudah. Demi mendapat racikan makanan desa tidak populer di pasaran, Arief rajin berkelana ke pelosok desa di Jawa Barat.

Awalnya, rumah makan Bumbu Desa didirikan pada 2004 hanya dengan modal Rp8 juta. Saat itu hanya warung makan sederhana di pinggiran Jalan Laswi, Bandung. Seiring waktu berjalan, pada 2011 rumah makan ini mencapai Rp50 juta per bulan.

Saat ini, ada 50 cabang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia. Penghasilan makin menggiurkan, akhirnya Arief melebarkan bisnis ke Malaysia dan juga Singapura.

Tak hanya sampai Asia. Rumah makan Bumbu Desa bahkan sudah melanglang buana hingga ke Vancouver, Kanada dan Seattle, Amerika Serikat. (berbagai sumber/ita)

Suka Artikel Ini? KLIK LIKE

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Inspiratory Section