1. HOME
    2. INSPIRATORY
KISAH INSPIRATIF

Hebat, Pemuda Indonesia Ini Rancang Aerodinamis untuk Mobil F1

Dia berperan sebagai Computational Fluid Dynamics (CFD) aerodynamicist, khususnya di bagian external aero development.

By Rohimat Nurbaya 11 Februari 2016 14:02
Stephanus Widjanarko perancang mobil F1 (linkedin.com)

Money.id - Stephanus Widjanarko (30), salah satu pemuda Indonesia yang sukses meniti karier di luar negeri. Alumni Teknik Mesin Institut Teknologi Bandung (ITB) itu bergabung dengan tim Scuderia Torro Roso, yakni tim junior dari Red Bull Racing di ajang balap mobil paling bergengsi Formula 1.

Dalam tim, Alumni ITB angkatan 2004 itu berperan sebagai Computational Fluid Dynamics (CFD) aerodynamicist, khususnya di bagian external aero development. Dengan kata lain, desain aerodinamis mobil balap milik tim Scuderia Torro Roso dibuat oleh orang Indonesia.

"Saya bertugas untuk merancang bagian depan berdasarkan sisi aeronya, atau secara lebih detailnya pada bagian front wing, nose, forward barge board, suspension layout, tyre shield," kata pria akrab disapa Tephie itu, seperti dikutip dari laman resmi ITB.

Dia menuturkan, ada beberapa tahap yang harus dilakukan dalam proses pembuatan kerangka mobil balap F1. Pertama-tama membuat idenya terlebih dahulu, kemudian ide tersebut direalisasikan dalam bentuk 3D surfaces. Setelah itu model dimasukkan dalam CFD, kemudian dilakukan pengujian terakhir dengan menggunakan wind tunnel.

Kemudian, setelah pengujian wind tunnel menunjukkan hasil yang baik, model dikirimkan ke bagian Design Office untuk direalisasikan dalam skala full body. Kata dia, proses penyusunan ide hingga pengujian melalui wind tunnel memakan waktu kurang lebih 2-3 minggu.

"Inilah yang membedakan kerja di F1 dengan perusahaan lainnya. Ritme kerja di F1 itu padat karena timeline-nya pendek-pendek, sehingga hampir setiap hari ada deadline," ucap dia.

Sejak awal bergabung pada F1 pada April 2013 lalu, Tephie terlibat dalam fase terakhir pengembangan mobil TR8. Kemudian pada 2014, dia terlibat dalam hampir seluruh fase development mobil TR9. "Sekarang saya sudah mulai menggarap proyek pembuatan mobil untuk tahun depan," imbuhnya Tephie.

 

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Inspiratory Section