1. HOME
  2. INSPIRATORY
INSPIRATIF

Dzaky, Bocah 6 Tahun Jadi Juara Desain Mobil Toyota

Dzaky merupakan perwakilan anak Indonesia yang berhasil terpilih dari 850 ribu peserta yang berasal dari 81 negara.

By Rohimat Nurbaya 1 September 2016 10:15
Dzaky saat menerima penghargaan dari Toyota (Toyota Astra)

Money.id - Dzaky Averil Sholahuddin (6), bocah asal Boyolali, Jawa Tengah, berhasil meraih Silver Award pada World Contest Toyota Dream Car Art Contest (TDCAC) 2016, dengan tema Mobil Impian Masa Depan untuk kategori usia di bawah 8 tahun.

Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto memberikan apresiasi terhadap daya imajinasi dan kreativitas anak Indonesia yang terlibat di ajang Toyota Dream Car Art Contest. Dzaky merupakan perwakilan anak Indonesia yang berhasil terpilih dari 850 ribu peserta yang berasal dari 81 negara.

"Selamat kepada ananda Dzaky yang berhasil mengharumkan Indonesia di tingkat global. Semoga prestasi ini juga dapat memicu anak-anak Indonesia lainnya untuk mengembangkan bakat seni sekaligus kepedulian terhadap masalah di sekitarnya," kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto dikutip dari laman Toyota Astra.

Selain mendapat hadiah uang tunai, Toyota memberikan apresiasi dengan mengajak Dzaky untuk melakukan kunjungan ke Jepang. Melalui hasil karya dan imajinasinya, Dzaky menggambarkan mobil masa depan dalam bentuk 'Mobil Jamur Penyelamat'.

Mobil yang dibuat Dzaky berbentuk jamur sebagai mobil penyelamat kebakaran hutan, di mana mobil ini dapat menyelamatkan korban, memadamkan api, dan mengubah udara penuh asap menjadi udara bersih.

Henry menuturkan, Melalui TDCAC, anak-anak Indonesia diharapkan dapat meningkatkan kreativitas dan keterampilan, tidak hanya dalam keahlian menggambar namun juga ekspolasi ide dari anak Indonesia.

Prestasi dan apresiasi tersebut tentu diraih dengan tidak mudah oleh Dzaky. Dia harus melalui dua tahap seleksi penyaringan pada ajang local contest dan world contest TDCAC.

Pada local contest, Toyota Indonesia memilih sembilan pemenang dari 6.137 perserta di Indonesia, sebagai peserta terpilih yang merupakan tiga peserta terbaik untuk kategori usia di bawah 8 tahun; 3 peserta kategori usia 8-11 tahun; dan 3 peserta kategori usia 12-15 tahun.

Hasil karya dari sembilan pemenang (peserta) dari tiga ketegori usia tersebut, kemudian dikirim ke Jepang sebagai karya yang lolos seleksi dan berhak mengikuti World Contest TDCAC ke-10 di tahun 2016.

Kontes yang telah digelar sejak 2004 ini merupakan kontes yang ditujukan bagi anak-anak berusia di bawah 15 tahun di seluruh dunia, termasuk Indonesia. "Kontes ini terdiri dari tiga tahap, yaitu Local Contest (tahap nasional) dan World Contest (tahap internasional), dan Awarding," katanya.

Toyota Dream Car Art Contest (TDCAC) diselenggarakan sebagai bagian dari inisiatif kontribusi sosial yang dilakukan oleh Toyota Group. TDCAC merupakan aktivitas global Toyota yang mengajak anak-anak di seluruh dunia dan khususnya di Indonesia, untuk berbagi ide mengenai mobilitas masa depan dengan cara menggambar mobil impiannya.

Program TDCAC yang memasuki penyelenggaraan ke-10 bertujuan untuk mewadahi generasi muda untuk mengembangkan bakat seni dan sekaligus apresiasi bagi karya dan ide akan kendaraan masa depan.

Rangkaian kegiatan TDCAC ke-10 secara global sudah berlangsung sejak November 2015. Di Indonesia, kompetisi TDCAC rangkaian acaranya dimulai dari program sosialisasi pada November 2015 hingga Februari 2016, dilanjutkan dengan seleksi pemenang pada Februari 2016, dan tahap pengumuman pemenang Local Contest pada April 2016. Pemenang Local Contest tersebut selanjutnya akan dibawa ke tingkat World Contest.

Sejak digelar pertama kali oleh Toyota Motor Corporation pada 2004, Indonesia sudah empat kali berpartisipasi pada Toyota Dream Car Art Contest, yaitu pada 2008, 2011, 2012, dan 2015. Dari keempat ajang TDCAC tersebut, Indonesia berhasil menorehkan prestasi yang baik.

Pada TDCAC ke-4 (2008), perwakilan anak Indonesia berhasil meraih juara dan memperoleh Gold Award di ajang World Contest TDCAC. Pada TDCAC ke-5 (2011), Indonesia meraih dua nomor juara dan memperoleh Silver dan Bronze Award. Sementara pada TDCAC ke-6 (2012), Indonesia berhasil meraih predikat juara untuk kategori Bronze Award.

Selain Dzaky, anak Indonesia lainnya bernama Putti Kurnia Serfiyani (15 tahun) asal Jember, Jawa Timur, juga berhasil masuk sebagai finalis untuk kategori usia 12—15 tahun di ajang yang sama.

Tahun lalu, ada dua anak yang berhasil meraih prestasi di tingkat global. Kedua anak Indonesia ini bernama Amanda Dewi Nasya yang berasal dari Serang dengan tema karya gambar 'Mobil Cumi-Cumi Pembersih Sampah' dan Kiddya Fastabiul Ulum dari Semarang yang memiliki tema karya gambar 'Mobil Sepatu'. (poy)

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Inspiratory Section