1. HOME
  2. INSPIRATORY
BISNIS

Belajar Fashion Otodidak, Valentina Sukses Jadi Pengusaha Sepatu

Di usia 17 tahun Valentina sukses menjadi wirausaha muda yang patut dibanggakan.

By Dwifantya Aquina 1 Oktober 2015 08:11
Valentina Meiliyana (Blogspot)

Money.id - Bisnis toko online atau online shop kian menjamur. Selain karena omzet yang menggiurkan, bisnis ini juga tengah digandrungi anak muda.

Salah satu perintis usaha online adalah Valentina Meiliyana. Ia melakoni  bisnis pakaian dan sepatu pesanan (custom shoes) sejak masih berusia 17 tahun.

Kini, Valentina telah memiliki merek fashionnya sendiri yaitu Selkius Maxwell, dengan produk andalan Valentina Meiliyana Shoes. Bisnis ini dijalaninya karena terilhami oleh karya perancang dan juga pengusaha sepatu, Manolo Blahnik.

Seperti para pengusaha lainnya, semula Valentina menemui banyak rintangan untuk menembus bisnis fashion. Apalagi saingannya adalah para desainer tersohor yang sudah memiliki merek terkemuka.

Pada 2008, gadis manis itu iseng merombak pakaian bekas dengan bantuan seorang penjahit depan rumah.

"Saya sempat ganti penjahit beberapa kali, sampai akhirnya bertemu penjahit bagus lulusan sekolah Inti Mode," ujarnya.

Sambil menjalani usaha sebagai perancang amatiran, dia juga menjadi agen penjualan sepatu secara online. Ia tergoda akan desain sepatu unik lalu mengusulkan untuk menjualnya secara online.

Pada 1 Januari 2011, ia resmi menandatangani kontrak kerja sama dengan si perajin tersebut. Valentina mulai menjual produknya melalui situs jejaring sosial, kala itu melalui sosial media Facebook. Dia memasang foto-foto produknya kemudian menawarkannya kebeberapa orang.

Lambat laun, produknya itu mulai dilirik tidak hanya oleh pembeli baru, Valentina mendapatkan perhatian dari majalah model DRESSCODE, dan sepatunya mulai tersebar ke penjuru Indonesia. Seketika itu juga membuat bisnisnya melonjak jauh pendapatannya.

Dia yang biasanya hanya menjual 20 pasang sepatu per bulan, kini ia harus menangani pesanan hingga lebih dari 300 pasang. Ramaja kelahiran 13 Maret 1995 ini menjual produknya dengan berbagai macam harga sesuai kualitas produk.

Sepatu tersebut dijualnya dengan harga mulai dari Rp200 ribu hingga Rp300 ribu. Dia lantas memutuskan keluar dari sekolah lalu melanjutkan home schooling. Alasannya, ia sulit membagi waktu antara bisnis dan sekolah.

Kini, jaringanya meliputi para desainer fashion serta selebriti-selebriti Indonesia. Valentina juga jadi salah satu perancang sepatu koleksi Eunika Joso di Jakarta Fashion Week 2011. Dia juga mendapatkan pesanan sepatu khusus dari girl band yang sedang naik daun, Cherry Belle.

Dia pernah dilibatkan sebagai perancang sepatu saat peragaan busana kelulusan sekolah mode, La Selle Graduation Show 2011. Ia pun tersanjung mendapatkan pengalaman lagi merancang sepatu untuk siswa-siswa di La Selle.

"Omset per bulan Rp45 juta hingga Rp50 juta," kata Valentina.

Apa rahasia suksesnya hanyalah satu yaitu berani menembus batas. Dia menunjukan dirinya sebagai desainer fashion meski secara akademisnya, dia bukanlah lulusan sekolah mode. Ia juga dikabarkan telah melanjutkan pendidikannya kejenjang lebih tinggi. Bermodal bisnisnya sekarang ia tak perlu lagi pusing memikirkan biaya kuliah seperti anak muda biasanya.

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Inspiratory Section