1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Waspada, 10 Hal Yang Harus Dilakukan Jika Pernah Kena Serangan Jantung

Serangan jantung dapat menjadi sangat menakutkan karena diketahui sebagai satu kondisi yang paling fatal yang bisa terjadi pada seseorang.

By Abdul Kharis 17 April 2016 10:39
Ilustrasi orang yang terkena serangan jantung (youtube)

Money.id - Serangan jantung, dua kata ini cukup untuk membuat kita merinding. Ya, hal ini sangat menakutkan karena diketahui sebagai satu kondisi yang paling fatal yang bisa terjadi pada seseorang.

Mengutip dari boldsky.com, Sabtu 17 April 2016, serangan jantung terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat. Berikut adalah 10 hal yang harus dilakukan oleh orang-orang yang pernah mengalami serangan jantung.

1. Berhenti Merokok

Jika Anda bukan perokok, maka bersyukurlah. Tetapi jika Anda perokok, baik sedang, menengah atau berat maka harus berhati-hati. Anda harus berjuang sekuat tenaga untuk berhenti merokok jika pernah mengalami serangan jantung.

Pasalnya, kebiasaan merokok memiliki pengaruh pada kelancaran aliran darah ke jantung. Selain itu merokok bisa membuat pembuluh darah menebal.

2. Menghindari Lemak Jenuh

Mungkin agak sulit jika Anda penghobi dunia kuliner. Tapi bagi seseorang yang pernah kena serangan jantung maka tidak ada kompromi lagi, karena bisa mengakibatkan kondisi yang fatal. Makanan yang tinggi lemak jenuh atau trans harus benar-benar dihindari.

Hal ini disebabkan karena mereka membentuk lapisan plak pada dinding arteri dan mencegah aliran darah ke jantung.

3. Menghindari Gula Berlebih

Kue, permen, coklat harus benar-benar dihilangkan dari jika pernah terkena serangan jantung. Jenis-jenis makanan tersebut mengandung gula kadar tinggi yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah, yang pada gilirannya dapat menyebabkan darah semakin bergumpal atau menebal.

4. Menghindari Garam Berlebih

The American Heart Association merekomendasikan bahwa orang dengan risiko serangan jantung harus membatasi konsumsi garam per hari di bawah 1.500 mg. Jadi, perhatian ekstra bahwa Anda memastikan bahwa Anda menaati batas ini.

5. Menghindari Menumpuk Kolesterol

Para ahli mengatakan bahwa tingkat kolesterol darah harus rendah bagi mereka yang pernah terkena serangan jantung. Jadi, makanan seperti mentega, minyak samin, atau bahan makanan berminyak lainnya harus dihindari secara ketat, untuk menjaga kadar kolesterol Anda.

6. Olah Raga Fisik yang Terjadwal

Sangat penting untuk memiliki jadwal olah raga khusus setelah mengalami serangan jantung. Setelah dokter mengatakan Anda siap untuk kegiatan fisik tingkat sedang, maka bisa mulai dengan olah raga rutin 30 menit yang meliputi berjalan, bersepeda, berenang, dan sebagainya.

Olah raga membuat Anda fit serta memperlancar aliran darah yang sehat ke jantung.

7. Menghindari Kelebihan Berat Badan

Setelah bertahan dari serangan jantung, sangat penting untuk menjaga berat badan Anda. Obesitas merupakan salah satu penyebab utama terkena serangan jantung.

Mengikuti diet sehat dan rutin olahraga untuk menjaga berat badan Anda untuk mencegah komplikasi lebih lanjut. Idealnya, indeks massa tubuh harus antara 18,5 dan 24,9.

8. Tidak Menyepelekan Kondisi Kesehatan

Gangguan kesehatan tertentu seperti diabetes, hipertensi, hipotiroidisme, depresi, hipertiroidisme, dan sebagiannya akan langsung memengaruhi fungsi dan kesehatan jantung Anda. Jadi, perawatan kesehatan harus selalu dilakukan untuk memastikan bahwa Anda tidak memiliki gangguan-gangguan ini.

Jika Anda memiliki salah satu dari gangguan-gangguan kesehatan tersebut, maka Anda harus mengontrolnya dengan pengobatan dan perubahan gaya hidup.

9. Menjaga Tekanan Darah

The American Heart Association merekomendasikan bahwa tekanan darah seseorang yang berisiko terkena gangguan jantung harus di bawah 140/90 mm/Hg.

Mereka yang selamat dari serangan jantung harus berhati-hati dan menjaga tekanan darahnya tidak boleh melebihi atau kurang dari batas yang direkomendasikan. Stres, olahraga berat, kecemasan, dan lain-lain bisa membuat tekanan darah menjadi naik.

10. Tidak Menyepelekan Gejala

Ada peluang yang sangat besar Anda mengalami serangan jantung lagi meski berada dalam proses pemulihan dari serangan pertama. Seseorang tidak boleh mengabaikan tanda-tanda seperti kelelahan ekstrem, nyeri di dada, keringat berlebih, pusing, atau kaki bengkak.

Mereka harus mencari pertolongan medis dengan segera. Gejala-gejala ini mungkin tanda-tanda peringatan serangan jantung berikutnya yang bisa mungkin berakibat fatal!

Baca Juga

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section