1. HOME
  2. FRESH
TIPS KECANTIKAN

Wajah Berjerawat? Hindari Hal Berikut Ini

Beberapa pantangan pun harus Anda perhatikan untuk meminimalisir munculnya jerawat pada wajah meskipun bukan jaminan jerawat akan hilang.

By Dian Rosalina 10 Maret 2016 09:07
Ilustrasi Kulit Berjerawat (www.remediesforme.com)

Money.id - Masalah kulit wajah seperti jerawat sering muncul disaat-saat yang tidak tepat. Misalnya saat hendak pergi ke kantor dan merias wajah, ternyata ada satu jerawat yang mengganggu penampilan.

Mungkin salah satu cara yang sering dilakukan adalah memecetnya hingga mengeluarkan cairan putih. Namun pasti akhirnya malah Anda merasakan tiba-tiba wajah memerah karena bekas pencetan Anda membengkak.

Solusinya adalah melakukan berbagai treatmen dan perawatan untuk menyingkirkan keberadaan masalah kulit yang satu ini.

Tetapi tahukah Anda, melakukan treatment saja tidak cukup. Beberapa pantangan pun harus Anda perhatikan untuk meminimalisir munculnya jerawat pada wajah meskipun bukan jaminan jerawat akan hilang seluruhnya.

Dikutip dari Sariayu.com, Kamis 10 Maret 2016, berikut ini hal-hal yang harus dihindari agar persentasi timbulnya jerawat akan semakin berkurang dan wajah Anda akan tampak lebih sehat.

Makanan Berlemak

Makanan seperti gorengan, coklat, kacang dan kuning telur merupakan contoh beberapa makanan yang harus dihindari. Sebab kandungan lemak dan minyak di dalamnya dapat memicu jerawat muncul semakin banyak hingga semakin meradang.

Di lain sisi, perbanyaklah makan buah dan sayur yang kaya akan vitamin dan mineral agar jerawat berkurang dan badan pun menjadi bugar.

Riasan Berlebihan

Saat berjerawat, kulit wajah Anda menjadi dua kali lebih sensitif dari biasanya. Pemakaian kosmetik berlebihan dapat membuat kulit wajah sulit bernafas hingga membuat jerawat semakin meradang.

Menghindari makeup bukan berarti tidak menggunakan produk apapun di atas kulit wajah. Anda bisa menggunakan bedak khusus jerawat yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat, melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari dan radikal bebas, dan menjaga kelembapan kulit.

Tidur Teratur

Tidur melebihi pukul 12 malam ternyata dapat membuat jerawat di wajah semakin meradang. Untuk itu, tidur sebelum pukul 10 sangat di anjurkan, untuk memberikan waktu istirahat pada kulit.

Sering Berada di Luar Ruangan

Sebab paparan sinar matahari langsung dapat menyebabkan jerawat berubah menjadi flek hitam dan meradang. Maka menggunakan masker pada saat berada di luar ruangan sangat dianjurkan. Selain menghindari sinar matahari, wajah juga dapat terlindungi dari debu dan kotoran di udara.

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section