1. HOME
  2. FRESH
TIPS SEHAT

Tips Sehat Selama Liburan Agar Tetap Bugar

Kadang akibat terlalu banyak kegiatan dan tidak mengontrol makanan malah jadi membuat badan sakit.

By Rohimat Nurbaya 25 Desember 2015 08:24
Ilustrasi Olahraga (Pixabay)

Money.id - Waktu liburan biasanya diisi dengan berbagai aktivitas bersama keluarga, pada umumnya kegiatan dilakukan adalah bersantai dan makan bersama keluarga. Namun kadang akibat terlalu banyak kegiatan dan tidak mengontrol makanan malah jadi membuat badan sakit.

Dokter Spesialis Penyakit dalam dari Universitas Indonesia, Ari Fahrial Syam mengatakan, ada beberapa hal perlu diperhatikan selama libur panjang supaya tidak sakit. Terutama menjaga makanan.

"Makanan manis dan berlemak yang mempunyai nilai kalori tinggi serta makanan mengandung kolesterol dan purin tinggi seperti jeroan harus dikomsumsi dengan hati-hati, jangan berlebihan," kata Ari melalui rilis diterima Money.id, Jumat 25 Desember 2015.

Menurutnya, terutama bagi yang sudah mengalami overweight atau berat badan berlebih, kemudian orang yang punya gangguan kadar kolesterol tinggi atau kadar asam urat tinggi.

"Olah raga apapun bentuknya harus tetap dilakukan selama kita liburan," ujarnya.

Sebaiknya harus mengusahakan ada aktifitas fisik minimal jalan kaki selama minimal 30 menit setiap hari agar tetap bugar dan sehat. Lalu tetap menkonsumsi air yang cukup 8-10 gelas perhari.

Selain itu selama liburan harus mengantisipasi cuaca yang tidak bersahabat. Udara panas kemudian berubah menjadi dingin karena hujan. Oleh karena itu waspada terhadap cuaca.

"Baju dingin atau sweater harus tetap dibawa jika kita berlibur untuk mengantisipasi cuaca dingin yang terjadi tiba-tiba setelah cuaca panas," terangnya.


Suka Artikel Ini? Klik Like

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section