1. HOME
  2. FRESH
KESEHATAN

Ternyata Soda Bisa Mengakibatkan Perubahan Hormon Wanita

Sering mengkonsumsi minuman bersoda dapat mengubah hormon di dalam tubuh anak-anak perempuan.

By Desy Afrianti 19 Mei 2016 09:30
Ilustrasi minuman soda/Pixabay

Money.id - Semua orang tahu bahwa minuman bersoda tidak baik bagi kesehatan. Selain tidak mengandung nutrisi atau manfaat apapun, ternyata masih ada bahaya lain yang terkandung di dalam minuman penuh gula tersebut.

Para ahli dari Harvard School of Public Health menemukan bahwa sering mengkonsumsi minuman bersoda dapat mengubah hormon di dalam tubuh anak-anak perempuan secara permanen.

Selain dapat meningkatkan risiko terjadinya obesitas, mengkonsumsi minuman yang mengandung banyak gula (seperti minuman bersoda) tampaknya juga berhubungan dengan semakin dininya menstruasi pertama (menarke) terjadi pada para anak perempuan.

Hal ini berarti semakin sering Anda mengkonsumsi minuman manis yang mengandung banyak gula, maka masa pubertas pun akan terjadi lebih dini.

Selama penelitian berlangsung, yaitu dari tahun 1996-2001, para peneliti yang mengamati anak-anak perempuan berusia antara 9-14 tahun menemukan bahwa anak-anak yang lebih sering mengkonsumsi minuman manis akan mendapat menstruasi pertamanya lebih cepat dibandingkan dengan anak-anak perempuan lainnya. Kenpa seperti itu? Baca penjelasannya di sini

Baca Juga

 

(aa/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section