1. HOME
  2. FRESH
BUAH-BUAHAN

Ternyata, Makan Pisang Dapat Menyehatkan Jantung

Bukan hanya manis dan lezat, pisang juga bisa..

By Abdul Kharis 6 April 2016 09:03
Ilustrasi orang sedang memegang pisang (ladycarehealth.com)

Money.id - Pisang sangat mudah dijumpai dan merupakan salah satu buah terpopuler di dunia. Tidak hanya manis dan lezat, ternyata pisang juga dapat mendukung kesehatan jantung.

Mengutip dari ecowatch.com, Selasa, 5 April 2016, selain mendukung kesehatan jantung, berikut daftar manfaat memakan pisang.

1. Mendukung Kesehatan Jantung

Kalium adalah mineral yang penting untuk kesehatan jantung, terutama kontrol tekanan darah. Pisang merupakan sumber makanan kalium, pisang berukuran sedang (118 gram) mengandung sembilan persen kalium.

Selain itu, merupakan sumber makanan yang baik dari potasium dan magnesium, dua nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan jantung.

2. Menurunkan tingkat gula Darah

Pisang mengandung nutrisi yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah setelah memakannya. Pisang juga dapat mengurangi nafsu makan dengan memperlambat pengosongan lambung.

3. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Pisang kaya serat dan pati resisten, membuat pencernaan menjadi lancar dan membantu melindungi terhadap kanker usus besar.

4. Membantu menurunkan berat badan

Buah ini dapat membantu menurunkan berat badan, karena rendah kalori, pisang juga mengurangi nafsu untuk makan.

5. Mengandung banyak nutrisi penting

Pisang adalah salah satu buah yang paling populer dan banyak disukai khalayak. Buah ini kaya akan nutrisi, sehingga akan memberikan banyak manfaat pada tubuh Anda.

Pisang juga kaya akan serat, antioksidan dan beberapa protein, sebuah pisang berukuran sedang mengandung sekitar 105 kalori.

6. Mengurangi kerusakan tubuh akibat radikal bebas

Pisang tinggi zat antioksidan, yang dapat membantu mengurangi kerusakan akibat radikal bebas dan menurunkan risiko beberapa penyakit.

7. Membuat tetap kenyang

Pisang mengandung jumlah tinggi pati resisten atau pektin, tergantung pada kematangannya. Kedua kandungan tersebut dapat mengurangi nafsu makan dan membuat Anda tetap kenyang.

8. Pisang meningkatkan sensitifitas insulin

Kekurangan sensitifitas insulin merupakan faktor risiko utama untuk banyak penyakit yang paling serius di dunia, termasuk diabetes. Pisang adalah sumber pati yang resisten, karena itu dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin.

9. Meningkatkan kesehatan ginjal

Kalium sangat penting untuk mengontrol tekanan darah dan fungsi ginjal yang sehat. Buah ini kaya akan kalium, makan pisang beberapa kali dalam seminggu dapat mengurangi risiko penyakit ginjal hingga 50 persen.

10. Meringankan keram otot

Pisang dapat membantu meringankan kram otot yang disebabkan oleh latihan. Pisang juga menyediakan bahan bakar yang sangat baik untuk latihan ketahanan.

baca juga

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section