1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Ternyata Begini Cara Dapatkan Tidur yang Berkualitas

Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, seseorang harus memenuhi syarat tidur yang berkualitas.

By Dwifantya Aquina 28 Januari 2017 10:40
Ilustrasi tidur berkualitas (keranews.org)

Money.id - Jangan anggap sepele tidur. Produktivitas kerja seseorang bahkan sangat dipengaruhi oleh pola tidurnya. Namun, untuk mendapatkan manfaat yang optimal, seseorang harus memenuhi syarat tidur yang berkualitas.

Tapi, bicara soal tidur berkualitas tidak sesederhana yang banyak orang bayangkan. Untuk mencapainya bukan hanya butuh durasi. Nah, Anda yang ingin tidur berkualitas, harus lakukan beberapa hal ini seperti dikutip dari CekAja.com:

Tidur siang 90 menit

Anda bisa memanfaatkan waktu istirahat kerja untuk tidur siang. Agar tenaga pulih tidur siang yang dianjurkan adalah 10 menit hingga 15 menit. Namun bagaimana kalau tidur siang yang Anda lakukan jauh lebih lama yakni hingga 90 menit? Anda bakal mendapatkan manfaat optimal berupa maksimalnya fungsi otak dan pulihnya tenaga. (Baca juga: Tips Olahraga dari Kakek 59 Tahun yang Memiliki Perut Sixpack)

Makan sebelum tidur

Jika Anda baru saja melakukan aktivitas berat seperti berolahraga, disarankan untuk mengonsumsi protein sebelum tidur. Dengan asupan protein yang cukup, otot-otot yang telah bekerja keras akan pulih lebih cepat. Sehingga, gangguan tubuh yang menurunkan produktivitas kerja seperti pegal-pegal berlebihan akan hilang. Cobalah cari makanan berprotein tinggi yang mudah dikonsumsi.

Jauhkan ponsel dari tempat tidur

Menatap layar smartphone atau gadget kesayangan sebelum tidur sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Sebenarnya, hal ini tidak baik untuk kesehatan Anda. Selain membuat oto mata letih, menatap layar smartphone sebelum tidur dapat mengganggu tidur Anda.

Alasannya, sinar yang dipancarkan layar smartphone menghambat pelepasan hormon melatonin. Padahal hormon ini berfungsi membuat orang tidur lebih lelap. Untuk itu, jauhkan smartphone dari kamar tidur Anda. Lebih baik lagi jika Anda sudah bebas dari smartphone sejam sebelum tidur.

Hindari alkohol

Minuman beralkohol bukan hanya dapat menurunkan kadar hormon testoteron dan membuat mabuk. Tetapi alkohol juga mencegah orang tidur dengan lelap. KetikaAnda minum minumam beralkohol maka ritme circadianmu terganggu. Akibatnya Anda bakal lebih sering terbangun dari tidur karena pengaruh alkohol.

Hindari minuman berkafein

Jika Anda memiliki kebiasaan minum minuman berkafein, sebaiknya hindari hal tersebut khususnya saat sore atau malam. Sebenarnya, minum kopi baik apabila dilakukan di pagi hari. Sementara, saat sore atau malam hari kandungan kafein yang masuk ke dalam tubuh dapat membuat Anda kebanjiran energi. Alhasil Anda akan sulit terpejam dan sulit tidur tepat waktu. (Baca juga: 6 Waktu yang Tepat untuk Melakukan Renovasi Rumah)

 

 

 

 

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section