1. HOME
  2. FRESH
TRAVEL

Tempat ini Nyata atau Hoax?

Saking indah dan anehnya, seperti di dunia dongeng

By Ita Malau 22 November 2015 09:34
Faroe Islands (BBC/Jan Egil Kristiansen)

Money.id - Beberapa tempat di dunia kadang seperti 'terlalu indah' untuk menjadi kenyataan. Saking indahnya.

Tempat lainnya, malah terlalu aneh, seperti di negeri dongeng saja. Tapi, tempat-tempat di bawah ini nyata loh. Bukan rekayasa foto dan hoax.

Tempat-tempat indah dan aneh di bawah ini merupakan hasil rangkuman BBC:

1. Ladang Tulip (Belanda)

Ladang bunga tulip raksasa di Belanda terlihat sangat menakjubkan, dengan warna-warni aneka ragam bunga yang ditanam secara simetris sehingga terlihat seperti rajutan kain perca jika dilihat dari kejauhan. Penanaman bunga tulip yang sedemikian rapi memberikan garis warna-warni tegas seperti biru, merah, pink dan kuning.

Wisatawan bisa berkeliling kebun dengan berbagai cara, mulai dari jalan kaki, bersepeda atau mobil khusus. Bunga-bunga ini tidak begitu saja hadir, tetapi memiliki sejarah tersendiri.

Foto: Kebun tulip di Belanda (@aleksandar-2/www.velikisiljegovac.com)

Konon, berbagai jenis tulip diimpor ke Belanda pada abad ke-16 dan mencapai puncak popularitasnya pada abad ke-17, yang dianggap sebagai Golden Age Kerajaan Belanda. Kala itu, Belanda mengalami gelembung ekonomi pertama di dunia: "Tulip Mania". Ladang tulip yang paling populer terletak di Belanda bagian barat antara kota Leiden dan Den Helder. Lainnya terletak dekat kota Enkhuizen dan di dekat provinsi Flevoland.

Lebih dari tiga miliar tulip ditanam di Belanda setiap tahun, sehingga menarik puluhan ribu wisatawan setiap tahun. Jika tertarik menyaksikan bunga tulip bermekaran dan memancarkan pesonanya, sebaiknya datang di bulan Maret sampai Agustus.


Faroe Islands (Denmark)

Asia mungkin punya banyak pulau eksotis, tetapi salah satu pulau di Faroe Islands menawarkan nuansa unik yang tidak ada duanya di dunia. Bayangkan, Anda bisa menikmati fenomena alam aneh, yaitu danau di atas danau di Pulau Vagar. Danau unik bernama Lake Sørvágsvatn atau Leitisvatn ini benar-benar menipu mata yang memandangnya.

Foto: Faroe Islands (BBC/Jan Egil Kristiansen)

Danau ini dipisahkan oleh bukit di bawahnya yang berdiri tegak, sehingga ada jarak yang memisahkan keduanya. Namun jika dilihat secara kasat mata danau ini seolah menyatu langsung. Ini dipengaruhi oleh bentuk bukit yang tingginya sekitar 100 meter di atas permukaan danau yang di bawahnya.

Pemandangan danau tersebut begitu menyejukkan mata dan keeksotisannya mirip dengan tempat-tempat yang diceritakan dalam negeri dongeng.

7. Krzywy Domek (Polandia)

Foto: www.neatorama.com

Sebuah penciptaan unik dari Alice in Wonderland tercermin dalam bangunan bernama Krzywy Domek atau dalam bahasa Inggris disebut Crooked House (Rumah Bengkok).

"Ini bukan ilustrasi di buku-buku dongeng. Ini adalah rumah nyata," kata Bruce Feldman, dari Quora, ketika menggambarkan Krzywy Domek yang memiliki arsitektur miring dan bengkok sehingga terlihat seperti ilustrasi dua dimensi. Krzywy Domek bisa ditemukan di daerah Sopot, Polandia.

Bangunan serba meliuk-liuk ini didirikan pada tahun 2004 dengan luas sekitar 4.000 meter persegi. Konon pembangunannya terinspirasi dari rancangan yang ada dalam ilustrasi buku dongeng yang digambar oleh ilustrator terkenal di Polandia yakni Jan Marcin Szancer dan Per Dahlberg. Anda mungkin akan tertipu saat masuk ke dalamnya, karena ternyata tidak meliuk-liuk seperti bagian luarnya. (ita)

(im)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section