1. HOME
  2. FRESH
MONEY WEEKEND

Tanjakan Cinta, antara Panorama Indah dan Mitos

Ada yang mengabaikan mitos, ada pula yang mencoba percaya.

By Stella Maris 11 Maret 2016 18:45
Ranu Kumbolo, Semeru (Istimewa)

Money.id - Mahameru atau Semeru adalah salah satu gunung tertinggi di tanah Jawa. Semeru menjadi tempat yang tak asing di kalangan pendaki karena menghadirkan banyak panorama indah, dan salah satu lokasi terbaiknya adalah Tanjakan Cinta.

Dari Tanjakan Cinta, Anda dapat melihat betapa indahnya Ranu Kumbolo. Tanjakan Cinta merupakan jalur pendakian ke arah puncak yang terletak antara Ranu Kumbolo dan Oro Oro Ombo.

Namun ternyata, bukit dengan kemiringan 45 derajat yang landai itu, kerap beredar mitos di kalangan pendaki. Mitosnya, siapapun yang melintas di jalur tersebut, tidak boleh menoleh ke belakang, dan terus berjalan tanpa henti.

Bila menoleh, maka Anda akan kehilangan pasangan atau kisah cinta akan berakhir. Namun bila berhasil melewati Tanjakan Cinta sesuai yang dikatakan mitos, maka kehidupan cinta akan berakhir bahagia.

Ada yang mengabaikan mitos, ada pula yang mencoba percaya. Salah satunya adalah Dwi. Dia mencoba melintasi Tanjakan Cinta tanpa dengan sang kekasih. 

"Pikirkan satu nama, fokus byangkan org yg kau syangi, ckup hanya kau dan hatimu yg tau, perlahan tapi pasti mendakilah bersama pikiran itu, perjuangkanlah rasa cintamu, jgn pedulikan sekitar, jangan pernah bahkan berpikir untuk menoleh kebelakang, maka kau akan mencapai puncak, meraih cintamu dan menggapai cita mu untuk bersatu dgn org yg kau cintai... meski hanya mitos atau legenda, tdk salah untuk memperjuangkn cintamu bukan?."

(Instagram)

Nah ternyata mitos yang beredar itu memiliki cerita.

Konon katanya, ada dua pendaki berpasangan yang melewati jalur Tanjakan Cinta. Namun pendaki pria berjalan terus, tanpa menoleh ke belakang, tanpa tahu sang kekasih yang juga calon istrinya ada di belakangnya. Ya, si pendaki cantik itu kelelahan, pingsan dan jatuh terguling hingga meninggal dunia.

Akomodasi Semeru
Terlepas dari mitos yang berkembang dan belum diketahui kebenarannya itu, Anda bisa berwisata ke Semeru. Agar tak membawa beban berat dan menghabiskan banyak biaya, Anda bisa menggunakan jasa travel agent.

Salah satunya adalah Rumah Wisata Adventure. Biro perjalanan ini bukan hanya membantu Anda mewujudkan impian melihat pemandangan indah di Semeru, mulai dari danau yang terletak di area sekitar 14 hektar (Ranu Kumbolo), Oro Oro Ombo, hingga ke Kalimati.

Saat malam hari, bila langit tak tertutup kabut, Anda akan melihat sejuta bintang di angkasa alias milky way. Belum lagi pagi Anda disambut oleh sunrise yang mempesona.

Dengan harga Rp1.25 juta, semua kebutuhan Anda sudah ditanggung. Mulai dari tiket perjalanan pulang-pergi, sewa jeep, homestay, konsumsi selama di pendakian, dan thirt. Demi menghangatkan suasana di udara yang nyaris minus, ada doorprize menarik dari panitia, termasuk penanjakan Bromo. (poy)

(sm/sm)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section