1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Tanaman Ini Ampuh Sembuhkan Kanker Hati

Brotowali merupakan bahan alami pembuatan jamu yang berkhasiat untuk kesehatan, selain itu..

By Abdul Kharis 4 April 2016 13:49
Tanaman brotowali (commons.wikimedia.org)

Money.id - Brotowali merupakan tanaman obat India, telah digunakan untuk pengobatan berbagai penyakit selama berabad-abad. Mempuyai nama ilmiah Tinospora crispa (L.), tanaman ini dapat mengobati kanker hati hingga mencerahkan wajah.

Mengutip dari drugs.com, Senin, 4 April 2016, di Indonesia, brotowali merupakan bahan alami pembuatan jamu yang berkhasiat untuk kesehatan. Berikut adalah manfaat dari tanaman brotowali selain sebagai bahan alami pembuatan jamu.

1. Mengobati kanker hati

Brotowali memiliki sifat sitotoksik terhadap kanker serviks yang hampir sama dengan obat yang digunakan untuk mengatasi tumor. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa brotowali dapat mengobati kanker hati.

2. Menyembuhkan sakit kuning (hepatitis)

Penyakit kuning merupakan sejenis penyakit yang ditandai dengan adanya perubahan warna pada kulit, bagian putih pada mata, serta pada kelenjar ludah.

Brotowali bisa membantu mengobati penyakit ini, caranya adalah dengan rutin mengkonsumsi satu gelas hasil rebusan batang brotowali yang telah ditambahkan dengan madu sebanyak dua kali sehari.

3. Penyembuhan rematik

Rematik merupakan peradangan sendi yang disebabkan oleh gangguan sistem kekebalan tubuh pada saat melawan virus, bakteri, dan jamur pada tubuh kita. Gangguan ini sering terjadi pada manusia di atas umur 50 tahun.

Cara alami untuk mengobati gangguan ini adalah dengan rutin mengkonsumsi setengah gelas hasil rebusan batang brotowali segar sebanyak 2 kali dalam sehari. Lakukanlah hal tersebut secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Mengobati diabetes

Penyakit diabetes merupakan sejenis penyakit yang jika dibiarkan tanpa perawatan akan dapat berdampak pada kematian. Penyakit yang sering disebut dengan kencing manis ini terjadi akibat kelainan pada sistem metabolik tubuh.

Nah, tanaman brotowali memiliki sifat antidiabetik yang dapat membantu mengontrol gula darah. Cara pengobatannya adalah dengan rutin mengkonsumsi ramuan rebusan batang brotowali, daun sambiloto, serta daun kumis kucing sebanyak 2 kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Menyembuhkan malaria

Malaria merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh parasit plasmodium. Penularan penyakit ini adalah dengan perantara nyamuk. Kasus terjadinya penyakit ini sering kali terjadi, dan tak jarang bisa berujung pada kematian.

Pengobatan alami penyakit ini salah satunya adalah dengan menggunakan ramuan herbal yang berasal dari tanaman brotowali. Caranya adalah dengan mengkonsumsi ramuan hasil rebusan daun brotowali yang dicampur dengan madu sebanyak 3 kali sehari.

6. Mencerahkan kulit wajah

Rebusan batang brotowali terbukti memberikan efek positif pada kulit wajah yaitu menghilangkan noda-noda yang menempel di wajah serta dapat menghilangkan warna kusam.

 

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section