1. HOME
  2. FRESH
TRAVEL

Sebelum Traveling Sendiri, Perhatikan Tips Berikut Ini!

Namun ada beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan jika Anda ingin melakukan perjalanan sendiri.

By Dian Rosalina 5 Maret 2016 14:15
Traveling di Kepulauan Seribu (Ardventure Travelindo)

Money.id - Liburan kini sudah menjadi kebutuhan setiap orang, malah sudah menjadi gaya hidup tersendiri. Beberapa orang memilih melakukan perjalanan bersama agen travel dengan jasa open trip dan ada juga yang memilih berjalan-jalan sendiri sebagai backpacker.

Namun ada beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan jika ingin melakukan perjalanan sendiri. Pendiri sekaligus pemilik agen travel Ardventure Travelindo, Gusti Rachmat menyarankan lebih baik menggunakan jasa open trip bersama agen travel.

"Bagi yang baru senang jalan-jalan lebih baik ikut open trip saja. Tapi harus pintar-pintar juga memilih open trip dengan agen travel yang sudah memiliki record yang bagus, jelas alamatnya, penanggung jawabnya, fasilitasnya, dan lebih baik memang direkomendasikan oleh orang lain yang sudah pernah memakai jasa mereka," kata Rachmat saat diwawancarai Money.id, Sabtu 5 Maret 2016.

Dia juga menambahkan jangan terpaku pada harga yang murah saja, namun kualitas dari agen travel pun harus jelas. Selain itu, sebelum berpergian perhatikan cuaca di tempat wisata yang akan dituju, dan cari informasi tujuan wisatanya.

Pria berumur 24 tahun itu menyarankan bagi para petualang pemula, lebih baik mencoba melakukan perjalanan Ke Pulau Seribu khusus yang ingin melakukan wisata bahari. Karena menurutnya, selain lebih aman, wisata bahari pun tidak terlalu memerlukan keahlian khusus seperti hiking.

"Untuk orang yang tinggal di wilayah Jabodetabek dan Bandung, lebih baik mulai dari yang dekat-dekat dulu seperti Kepulauan Seribu. Yang penting kalau mau jalan-jalan di pulau itu, minimal harus kenal dengan penduduk pulau setempat yang dipercaya dari forum-forum traveling," kata Gusti.

Siapkan uang minimal Rp400-500 ribu untuk yang melakukan open trip. Sedangkan untuk para backpacker siapkan Rp250 ribu-350 ribu dan pastikan minimal ada lima orang dalam grup backpacker Anda.

"Tapi saya menyarankan pakai agen travel sih karena tidak jauh beda fasilitas yang didapat nantinya. Lagipula sudah jelas kan kalau pakai travel. Yang penting jangan sampai benar-benar sendiri, minimal ada yang memandu Anda disana," ucap dia.

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section