1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Perlukah Memakai Make Up Saat Berolahraga?

Jika ingin tetap menggunakan make up, coba aplikasikan dulu serum exfoliating atau toner.

By Azalia Amadea 22 Februari 2016 15:02
Ilustrasi memakai make up saat berolahraga (Foto: popsugar.com)

Money.id - Olahraga merupakan kegiatan yang wajib dilakukan untuk menjaga kesehatan. Olahraga dapat dilakukan di mana pun dan kapan pun Anda mau.

Saat ini pergi ke pusat kebugaran sudah menjadi gaya hidup mereka yang peduli akan kesehatan. Selain menjaga tubuh tetap sehat, penampilan salah satu alasan mengapa orang-orang rajin berolahraga.

Namun ada beberapa hal yang terlupakan bahkan terabaikan saat sedang olahraga di gym. Salah satunya penggunaan make up, terutama wanita yang setelah bekerja langsung ke gym.

"Pemakaian make up terutama yang tebal dapat menyumbat pori-pori dan kelenjar keringat di wajah. Hal tersebut dapat menyebabkan timbulnya jerawat," kata Arielle Kauvar spesialis kulit dan bedah, seperti dikutip dalam laman shape.com Senin 22 Februari 2016.

"Maskara sering terkontaminasi oleh bakteri yang jika masuk ke dalam mata dapat menyebabkan infeksi. Juga dapat menyumbat kelenjar minyak di sepanjang garis bulu mata," ucap Kauvar.

Pemakaian make up rutin saat olahraga dapat berisiko lebih buruk dari sekadar timbulnya jerawat.

Risiko lain yang dapat timbul seperti komedo, timbulnya bintik putih di wajah, bahkan kista kecil yang muncul seperti benjolan putih kecil.

Ketika Anda ingin olahraga apalagi setelah bekerja, cuci wajah terlebih dahulu agar wajah bersih dari make up. Anda juga dapat menggunakan pembersih wajah biasa tanpa mencucinya terlebih dahulu.

Dengan membiasakan diri membersihkan wajah sebelum olahraga, Anda bisa mengurangi risiko buruk pada wajah seperti yang telah dipaparkan.

Jika ingin tetap menggunakan make up, coba aplikasikan dulu serum exfoliating atau toner. Serum atau toner tersebut dapat menjaga pori-pori dari penyumbatan dan timbulnya minyak di wajah.

Ketika habis olahraga, biasakan bersihkan keringat di wajah dengan handuk terlebih dahulu hingga kering baru setelahnya cuci wajah dengan air.

Bagi Anda yang memiliki wajah berminyak, bersihkan wajah dengan pembersih yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat. Kedua bahan tersebut dapat membantu melindungi wajah dari jerawat. (poy)

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section