1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Konsumsi Buah Berlebihan Ternyata Bahaya?

Jika tubuh kelebihan gula, maka tubuh dapat mengalami masalah...

By Azalia Amadea 12 September 2016 17:40
Mengonsumsi buah (mamashealth.com)

Money.id - Buah-buahan mengandung banyak nutrisi alami yang baik bagi tubuh misalnya saja gula. Lalu bagaimana dampaknya jika kita terlalu banyak mengonsumsi buah? Apakah berarti tubuh akan kelebihan gula?

Melansir laman womenshealthmag.com, Senin 12 September 2016, Alissa Rumsey, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetic, gula alami dapat ditemukan dalam buah-buahan, produk susu, dan sayuran yang mengandung tepung. Tubuh dan otak dpat memanfaatkan gula jenis ini sebagai bahan bakar.

"Tanpa gula alami yang ditemukan dalam buah-buahan, kita akan mengalami krisis energi," kata Rumsey.

Selain itu, nutrisi lain yang ditemukan dalam buah membantu mencegah Anda ketagihan gula, seperti jika Anda makan permen.

"Ketika Anda mengonsumsi gula alami dalam buah, susu, dan sayuran bertepung, Anda mendapatkan nutrisi tambahan seperti serat dan protein, yang dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah," ujarnya.

Meski baik, Rumsey menegaskan untuk tidak mengonsumsi buah berlebihan. Bagaimanapun juga Anda harus tetap menjaga kadar gula dalam darah. Jika tubuh kelebihan gula, maka tubuh dapat mengalami masalah kardiovaskular dan diabetes.

"Terlalu banyak gula, baik alami maupun tambahan seperti yang terkandung dalam makanan buatan, bisa menyebabkan gula darah meningkat yang memicu pelepasan insulin," kata Rumsey.

"Karena insulin adalah hormon penyimpanan, maka insulin akan menyimpan kelebihan gula darah dalam bentuk lemak, terutama lemak di perut," jelas Rumsey.

Rumsey menyarankan, mengonsumsi dua sampai tiga buah per hari. Satu porsi buah, setara dengan ketika Anda mengonsumsi secangkir buah beri atau semangkuk kecil irisan buah lain atau satu setengah buah jeruk. (els)

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section