1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Pemuteran, Bali Dinobatkan Menjadi Tempat Wisata 7 Terbaik di Asia

Wisatawan mancanegara lebih mengenal pulau Bali daripada Indonesia sendiri. Ini menujukkan bahwa kepopuleran bali sudah tidak perlu diragukan.

By Dian Rosalina 16 Juli 2016 18:15

Money.id - Bali adalah salah satu destinasi wisata favorit yang menjadi pilihan para wisatawan lokal maupun mancanegara. Selain kental dengan kebudayaannya, pantai-pantai di Bali selalu jadi tempat tujuan wisata yang memikat.

Bahkan wisatawan mancanegara lebih mengenal pulau Bali daripada Indonesia sendiri. Ini menujukkan bahwa kepopuleran bali sudah tidak perlu diragukan lagi.

Salah satu kawasan di Bali bernama Pemuteran, yang terkenal dengan terumbu karang hasil teknologi Biorock itu makin mendunia setelah Lonely Planet menempatkannya di posisi tujuh besar untuk kategori Top 10 Lonely Planet Terbaik Asia 2016.

Lonely Planet sendiri merupakan penerbit buku panduan perjalanan dan media digital terbesar di dunia yang dimiliki oleh BBC Worldwide. Lonely Planet telah memilih 10 wisata terbaik Asia untuk 2016 yaitu Hokkaido, Jepang; Shanghai, China; Jeonju, Korea Selatan; Con Dao Islands, Vietnam; Hong Kong, Tiongkok; Ipoh, Malaysia; Pemuteran, Indonesia; Kep. Trang, Thailand; Meghalaya, India; dan Taitung, Taiwan.

Dilansir dari Beritadaerah.co.id, Sabtu 16 Juli 2016, Menteri Pariwisata Arief Yahya merasa bangga dengan prestasi yang ditorehkan Pemuteran Bali itu. Sebelumnya ia telah mempresentasikan konservasi yang dilakukan masyarakat di Pemuteran Bali, kepada petinggi UNWTO - United Nation World Tourism Organization di Spanyol.

"Akhirnya, Pemuteran masuk dan mendapat award dari UN WTO 2015, yang melibatkan publik untuk konservasi bawah laut yang sukses," kata Arief.

Kini Pemuteran mendapat penghargaan kembali oleh Lonely Planet. Prestasi dunia juga karena konsistensi mengembangbiakan terumbu karang dengan mengalirkan listrik bertengangan rendah di bawah laut. Itulah yang membuat coral lebih cepat dan lebih subur.

Hal tersebut telah lebih dulu dilakukan di Gili Trawangan Lombok, dan akhirnya sukses. Hasilnya keheningan dan pesona alam kawasan Pemuteran, Bali dinggap layak masuk ke dalam jajaran elit Asia. Kawasan yang tenang dengan balutan bangunan-bangunan modern serta aroma laut, dinilai sangat nyaman untuk mengajak wisatawan bersantai.

Ketua Asosiasi Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) Bali, I Ketut Ardana, bahkan berani menjamin keasrian kawasan yang berada 200 km dari Denpasar itu. Hanya 10 meter dari bibir pantai, wisatawan sudah bisa menikmati pemandangan terumbu karang hasil teknologi Biorock kelas dunia.

Dan jangan takut dengan tarif sewa kamar. Di Pemuteran, tarif sewa kamar untuk wisatawan sangat murah. Dari mulai harga Rp 500.000 per malam, wisatawan sudah bisa bermalam di kawasan tenang dan eksotis itu. Hingga saat ini, Desa Pemuteran telah memiliki hampir sekitar 1.000 kamar yang berbentuk hotel, resort, dan homestay. Dari paparan Ardana, homestay milik masyarakat selalu diminati oleh wisatawan.

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section