2. FRESH
FRESH

NASA Temukan 1.000 Lebih Planet Baru di Luar Tata Surya

Teleskop luar angkasa Kepler milik NASA telah menemukan 1.284 exoplanet baru.

By Azalia Amadea 14 Mei 2016 17:00
Ilustrasi planet-planet (Foto: spice.com)

Money.id - Jumlah planet di luar Tata Surya atau sering disebut exoplanet telah meningkat lebih dari 60 persen, seperti dilansir dalam laman livescience.com Sabtu 14 Mei 2016.

Teleskop luar angkasa Kepler milik NASA telah menemukan 1.284 exoplanet baru, termasuk sembilan planet berbatu yang mungkin mampu mendukung kehidupan manusia seperti di Bumi, menurut keterangan NASA yang diumumkan Selasa, 10 Mei 2016.

Total exoplanet sekarang menjadi sekitar 3.200 planet. Dari jumlah tersebut, 2.235 planet di antaranya ditemukan oleh Kepler.

"Kami sekarang menyadari bahwa exoplanet adalah hal yang biasa, seperti kebanyakan bintang di galaksi dan sebagian kecil bintang di galaksi itu memiliki planet yang berpotensi untuk dihuni manusia" Paul Hertz, direktur Divisi Astrofisika di Markas NASA di Washington, DC,.

Hertz mengatakan informasi yang dibawa Kepler tersebut menimbulkan pertanyaan 'apakah kita sendirian di alam semesta'.

Memang, data yang dikumpulkan oleh Kepler dan instrumen lainnya menunjukkan bahwa sekitar 25 persen dari bintang 'normal' di Galaksi Bima Sakti besarnya seukuran planet Bumi dalam zona layak huni. Zona layak huni maksudnya di mana air mengalir di permukaan planet tersebut.

"Setidaknya ada 70 miliar bintang di galaksi. Anda bisa lihat, puluhan miliar planet yang seukuran Bumi yang berpotensi bisa dihuni di luar sana di Tata Surya," kata Natalie Batalha, ilmuwan Kepler dari Ames Research Center NASA di Moffett Field, California.

Misi Kepler seharga US$600 miliar diluncurkan pada bulan Maret 2009. Menggunakan teleskop luar angkasa, misi Kepler dirancang untuk mencari planet mirip Bumi yang sedang mengorbit di bintang lain.

Untuk menemukan exoplanet, observatorium luar angkasa ini memperhatikan kecemerlangan terkecil lebih dari 100.000 bintang yang berada dalam medan pandangnya yang berada pada satu tempat.

Kepler berhasil melakukan tugasnya berburu planet hanya sampai Mei 2013, ketika dua dari empat roda yang menopang teleskop gagal berfungsi sehingga mengurangi kemampuannya menemukan planet baru.

Meski begitu, selama misi perdana ini, Kepler menemukan lebih dari 4.000 'kandidat' planet yang masih harus dikonfirmasi melalui penyelidikan lebih lanjut.