1. HOME
    2. FRESH
FRESH

Naik Pesawat Jarak Jauh? Ini Tips Agar Tidak Terasa Berat

Duduk di kursi pesawat yang sempit saat melakukan perjalanan jarak jauh selama berjam-jam, tentu saja sangat menyiksa.

By Dian Rosalina 17 Juli 2016 12:35
Ilustrasi Duduk di Pesawat dalam Waktu Lama (Alamy)

Money.id - Duduk di kursi pesawat yang sempit saat melakukan perjalanan jarak jauh selama berjam-jam, tentu saja sangat menyiksa. Selain lelah fisik, mental pun juga ikut lelah.

Namun Katia Moskvitch dari BBC.com memberikan solusi berdasarkan studi ilmiah yang bisa mengurangi rasa frustasi selama melakukan penerbangan berjam-jam. Berikut ulasannya.

Mengelola Stres Sebelum Terbang

Rob Bor, seorang psikolog di Royal Free London NHS Foundation Trust, mengatakan cara mengurangi stres sebelum melakukan perjalanan dengan pesawat terbang adalah menyiapkan segala yang diperlukan sebelumnya.

"Cukup mengejutkan bahwa banyak yang tidak mempersiapkan diri dengan memeriksa dokumen mereka terlebih dahulu, memastikan paspor mereka siap dan mengetahui jadwal penerbangan. Bahkan ada yang tidak tahu dari bandara mana mereka akan terbang," kata Bor.

Selain itu, Anda juga harus memeriksa faktor-faktor yang mengakibatkan penundaan seperti kemacetan lalu lintas, delay penerbangan, dan kondisi cuaca.

Memilih Tempat Duduk

Pilih tempat duduk yang membuat Anda merasa nyaman. Untuk itu Anda bisa menggunakan website seperti SeatGuru milik TripAdvisor. SeatGuru menggunakan kode warna untuk menunjukkan tempat duduk yang disesuaikan untuk setiap pesawat dan maskapai.

Di sini penumpang bisa mengetahui kursi mana saja yang berada di sebelah toilet, yang terlalu sempit, yang tidak bisa dibaringkan, dan sebagainya. Para ahli mengatakan bahwa duduk di dekat sayap mengurangi turbulensi, karena sayap terletak dekat dengan pusat gravitasi pesawat.

Mengurangi Bawaan

Sangat penting untuk menjaga stamina saat bepergian dengan pesawat terbang. Karena itu usahakan membawa barang atau tas yang tidak terlalu berat.

Sebab Ricard Dawood, seorang spesialis perawatan perjalanan di London's Fleet Street Clinic mengatakan membawa bawaan yang berat malah akan menambah stres dalam perjalanan.

Berpuasa Untuk Mencegah Jet Lag

Tips lain adalah berpuasa sebelum melakukan penerbagngan jarak jauh. Hal ini akan mencegah Anda terkena jet lag nantinya. Peneliti Harvard mengatakan bahwa puasa selama sekitar 16 jam sebelum naik pesawat dapat membantu penumpang menyetel jam khusus di otak yang akan menyesuaikan diri dengan zona waktu yang berbeda secara lebih mudah.

Selanjutnya: Menjaga Asupan Makan dan Minum Selama Terbang, Menjaga Kesehatan dan Perbanyak Tidur, Berjalan-jalan Selama Penerbangan >>

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section