1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Mengapa Kentut Seseorang Bisa Berbau Busuk?

Kentut adalah gas di dalam usus yang sebagian besar adalah karbon dioksida dan sebenarnya tidak berbau.

By Rizki Astuti 2 November 2016 09:05
Ilustrasi bau kentut (Team Bar Am)

Money.id - Kentut adalah sesuatu yang normal dan menyehatkan. Karena kentut merupakan bagian dari proses dalam tubuh untuk mengeluarkan gas atau angin dari saluran cerna.

Namun, apa jadinya ya kalau sering kentut, apalagi disertai dengan bau yang tak sedap?

Tentu ini adalah hal yang paling memalukan bagi seseorang. Karena normalnya orang kentut 10-20 kali sehari dan setiap kentut, ternyata merupakan tanda kesehatan sistem cerna kita.

Namun kentut setiap orang tidak sama. Kadang-kadang kentut mengeluarkan bunyi keras dan tidak berbau. Terkadang justru tidak berbunyi tapi 'mematikan'.

Jadi apa sebenarnya yang menjadi penyebab kentut berbau busuk?

Ilustrasi Minum Alkohol
© 2016 money.id/Calorie Secrets

Dr Myron Brand, seorang gastroenterologist mengungkapkan bahwa mereka yang sedang diet cenderung menghasilkan kentut yang sangat bau.

"Tapi tidak perlu khawatir. Bau busuk tidak selamanya buruk. Itu tandanya apa yang Anda makan diserap oleh bakteri di dalam saluran cerna Anda. Setiap orang berbeda," ujar Myron melansir dalam laman Dailymail, Rabu 2 November 2016.

Gas di dalam usus adalah campuran dari oksigen, nitrogen, karbon dioksida, hidrogen, dan metana. Myron mengatakan kentut adalah gas di dalam usus yang sebagian besar adalah karbon dioksida dan sebenarnya tidak berbau.

Selain karbon dioksida, kentut juga disusun oleh gas sulfur, yang dihasilkan dari fermentasi bahan makanan di dalam usus besar. Gas sulfur itulah yang mengakibatkan bau busuk pada kentut.

Makanan Penyebab Bau

Gas-gas tersebut berasal dari udara yang kita telan atau yang merembes dari darah ke dalam usus. Bau busuk pada kentut terjadi ketika bahan makanan dalam usus besar tidak diproses secara benar dan sempurna.

Bahan makanan itu adalah karbohidrat. Ketika karbohidrat tidak diserap dalam usus, maka sisanya akan mengendap di usus dan mengalami fermentasi.

"Bau busuk itu berasal dari karbohidrat yang tidak diserap secara sempurna dan mengalami fermentasi," kata Myron.

Myron juga mengatakan minuman yang mengandung alkohol bisa menyebabkan kentut bau. Selain itu makanan yang mengandung fruktosa, poliol, dan sulfur dalam kadar yang tinggi juga menyebabkan kentut bau.

Karena itu dia menyarankan untuk menghindari makanan berbahan gandum dan gandum hitam, seperti roti, pasta, mi, sereal, dan kue. Jangan lupa minuman dan makanan berbahan susu juga bisa menyebabkan kentut menjadi bau.

Baca Juga

(ra/ra)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section