1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Ini Penyebab Munculnya Bau Kaki

Ternyata penyebabnya adalah...

By Rizki Astuti 7 Mei 2016 12:13
Ilustrasi Bau Kaki (Vemale.com)

Money.id - Bau kaki menjadi masalah umum yang sering dihadapi, dan tentunya mengganggu orang disekitar. Penyebabnya beragam. 

Dikutip laman Wonderopolis, Sabtu 7 Mei 2016 ternyata penyebab utama bau kaki adalah bakteri. Organisme kecil ini sangat suka dengan tinggal di permukaan kaki dan sepatu Anda.

Dijelaskan bahwa bakteri memakan sel kulit mati dan minyak yang dikeluarkan melalui kulit Anda. Selain itu bakteri juga tumbuh dan berkembang biak, serta mengeluarkan limbah dalam bentuk asam organik yang sangat bau. 

Bukan hanya itu saja, bakteri juga menyukai tempat-tempat gelap dan lembab. Bagian dalam sepatu- terutama ketika kaki Anda di dalamnya - adalah rumah yang sempurna untuk bakteri.

Semakin aktif Anda, semakin banyak pula keringat yang keluar. Banyaknya keringat dapat menjadikan bagian dalam sepatu menjadi lembab, sehingga membantu mereka berkembang biak lebih cepat.

Diketahui lebih dari 250 ribu kelenjar keringat yang ada di tubuh manusia. Kelenjar itu mampu mengeluarkan keringat lebih banyak. Dibagian kaki saja, keringat mampu dikeluarkan sebanyak setengah liter dalam sehari. 

Nah  kaus kaki dan sepatulah yang menjalankan fungsinya yaitu menyerap kelembaban dan menahan keringat. Dengan demikian bakteri semakin tambah betah tinggal disekitar kaki Anda. (els)

Baca Juga

(ra/ra)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section