1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Kumis Kucing, Tanaman Tradisional Pembasmi Penyakit Sendi

Bahan pembuat jamu ini dapat menyembuhkan penyakit sendi seperti reumatik dan asam urat dengan cara...

By Abdul Kharis 14 April 2016 14:00
Tumbuhan kumis kucing (bosland.com.my)

Money.id - Tumbuhan kumis kucing atau Orthosiphon stamineus termasuk ke dalam bahan pembuatan jamu khas Indonesia. Tanaman ini biasa tumbuh di tanah yang subur, gembur, dan memiliki tata air serta udara yang baik.

Mengutip dari examine.com, Kamis, 14 April 2016, Kandungan zat kimia di kumis kucing dapat menyembuhkan penyakit persendian seperti asam urat dan rematik.

1. Asam urat

Asam urat adalah sejenis penyakit yang menyerang bagian persendian terutama sendi jari kaki, jari tangan, tumit, dengkul, siku, dan pergelangan tangan. Penyakit ini terjadi karena adanya konsumsi zat purin yang berlebihan.

Cari mengatasinya, ambil lima lembar daun kumis kucing dan daun meniran yang masih segar. Rebus semua bahan tersebut dengan segelas air. Rebus hingga air tersisa setengah gelas. Minum ramuan tersebut setidaknya 3 kali sehari.

2. Rematik

Rematik adalah penyakit yang menyerang persendian, otot, dan urat. Pengobatan untuk penyakit ini biasanya ditujukan untuk mengurangi rasa nyeri, menghilangkan peradangan, serta memelihara fungsi persendian agar tetap dalam keadaan baik.

Kumis kucing dapat digunakan untuk menyembuhkan rematik. Caranya rebus 5 helai daun kumis kucing serta daun meniran dengan 3 gelas air. Setelah dingin, minum ramuan tersebut tiga kali sehari masing-masing setengah gelas.

Selain itu, kumic kucing dapat memperlancar pengeluaran urine, mengobati diabetes, sipilis, batuk, masuk angin, dan keputihan. Bahkan radang ginjal akut pun dapat disembuhkan dengan tanaman ini.

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section