1. HOME
  2. FRESH
KESEHATAN

Dua Rahasia Turunkan Berat Badan Tanpa Diet

Dua hal itu mampu mempertajam kemampuan dalam mengenali tanda lapar dan kenyang.

By Dian Rosalina 6 Mei 2016 14:32
Ilustrasi Makan dengan Fokus (nutritionfactsanddata)

Money.id - Makan di depan televisi, asik melihat aplikasi di ponsel, atau sekadar berbincang, secara tidak langsung ternyata dapat menaikkan berat badan. Namun jangan khawatir, karena ada cara mengatasi kenaikan bobot tubuh Anda. 

Dikutip dari Time, Kamis 6 Mei 2016, para peneliti yang meneliti kesadaran diri (mindfulness) mengatakan, cara menurunkan berat badan dengan mengubah tata cara makan seseorang. 

Latihan meditasi bisa digunakan sebagai alat meningkatkan kesehatan, mengurangi rasa sakit, dan bisa mengurangi stres. Bila ditelusuri ternyata stres adalah akar dari permasalahan mengapa Anda suka makan berlebihan.

Fokus akan mendorong Anda untuk makan dengan cara lebih baik. Supaya berat badan bisa turun tanpa harus melakukan diet ketat yang menyiksa diri.

"Satu-satunya hal yang Anda hadapi saat itu adalah makanan. Kesadaran diri akan membawa Anda kembali fokus terhadap makanan yang ada di hadapan Anda," ujar dosen psikologi kesehatan Birmingham City University, Inggris, Michael Mantzios.

Penelitian baru menunjukkan bahwa kesadaran diri dan fokus bisa mempertajam kemampuan seseorang dalam mengenali tanda lapar dan kenyang. 

Cara Menurunkan Berat Badan
Dalam penelitian tahun ini, para peneliti mengajarkan peserta penelitian bagaimana cara melakukan pemindaian tubuh menggunakan meditasi. Peserta diberi makanan kecil dan melakukan sebuah kegiatan yang membuat mereka sadar, dan tidak perlu mamakan terlalu banyak.

"Hal yang menarik dari penelitian ini adalah meditasi tidak berpengaruh banyak pada konsumsi, tapi pada kompensasi," kata salah satu peneliti EvelienvandeVeer dari Wageningen University di Belanda.

Para peneliti tidak melihat hal itu pada peserta penelitian yang tidak mendapat pelatihan kesadaran diri atau mereka yang mendapat pelatihan keadaan diri, tapi terhadap lingkungan, bukan pada diri mereka sendiri.

Rahasianya ada dua, yaitu kesadaran diri dan fokus yang mampu mengurangi nafsu makan terhadap makanan yang tidak sehat. Memang tidak mudah untuk mengajak orang sadar diri tentang makanan dan cara mereka makan, menurut Mantzios.

"Kami tidak bisa meyakinkan orang untuk tetap diet, untuk melakukan hal-hal yang sangat mendasar," ujarnya. (els)

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section