1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Kaki Pecah-pecah Saat Musim Hujan? Ini Tips Jitu Merawatnya

Tidak perlu biaya mahal, perawatan kaki yang sederhana juga bisa dilakukan untuk mencegah masalah pada kaki.

By Dian Rosalina 19 Desember 2016 09:10
Ilustrasi Kaki (vemale)

Money.id - Saat musim hujan tiba, udara berubah menjadi lembab. Banyak masalah kulit dan bibir perlu dirawat. Tak hanya itu, bagian kaki yang sering luput dari perhatian harus sering dirawat ketika musim penghujan datang.

Tidak perlu biaya mahal, perawatan kaki yang sederhana juga bisa dilakukan untuk mencegah masalah pada kaki. Misalnya seperti bau kaki atau masalah lain penyebab infeksi jamur. Dilansir Times of India, Senin 19 Desember 2016, berikut ini adalah tips cara merawat kaki di kala musim hujan.

Menjaga kaki tetap bersih

Ini adalah dasar yang harus dilakukan oleh setiap orang. pastikan untuk selalu menjaga kebersihan kaki dengan membasuh atau mencuci kaki dengan sabun setiap pulang ke rumah. Lalu keringkan kaki menggunakan lap, terutama di area sela-sela jari kaki. Jangan lupa gunakan pelembab setelahnya supaya tidak kering dan tetap sehat.

Menggunakan pelembab

Gunakan pelembab pada kaki dua kali dalam sehari setiap hari. Cara ini berfungsi untuk menjaga kulit kaki tidak kasar dan kering. Atau pijatlah kaki menggunakan minyak zaitun, yang juga berguna untuk melembabkan serta melembutkan kulit dan meningkatkan sirkulasi daerah.

Rendam kaki dengan campuran bahan alami

Bahan alami ampun mengusir bau atau jamur yang hidup pada kaki. Rendam kaki ke dalam baskom atau ember berisikan air hangat yang telah dicampur madu.

Menggunakan alasan kaki

Menurut dokter kulit dr. Kshama Vibkahar, pilihlah jenis alas kaki berdasarkan seberapa banyak Anda berdiri atau berjalan dan nyaman digunakan.

"Jika memungkinkan, Anda bisa menggunakan bantalan sepatu berbahan lembut untuk menghindari rasa nyeri menggunakan sepatu, terutama sepatu hak tinggi untuk wanita. Lalu, Anda juga bisa menggunakan kaus kaki terlebih dulu," ujarnya.

Wanita yang berpotensi mengalami masalah infeksi pada jamur, disarankan untuk menggunakan alas kaki model terbuka. Sementara, pemilik kulit kering bisa menggunakan model sebaliknya, yakni tertutup. (poy)

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Fresh Section