1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Jangan Minum Lebih dari 8 Gelas Air Sehari. Bahaya!

Orang kadang lupa bahwa minum berlebihan pun merusak ginjal loh. Cek kecukupan minum Anda.

By Ita Malau 4 November 2015 13:09
Foto: Pixabay

Money.id - Berapa gelas air minum yang dibutuhkan tubuh kita? Ini pertanyaan yang kerap dilontarkan orang-orang. Dan sebagian besar Anda mungkin akan menjawab 8 gelas sehari.

Tapi, apakah Anda pernah bertanya, apa yang terjadi jika kita terlalu banyak mengonsumsi air minum? Sama seperti kurang minum, kebanyakan minumpun berbahaya karena bakal membuat tubuh kita menderita dan pada akhirnya sakit.

Dikutip dari laman Boldsky, berapa jumlah tepat air minum yang dibutuhkan tubuh sebetulnya bervariasi, tergantung pada usia. Secara rata-rata, para wanita di atas 23 tahun dianjurkan untuk meminum 1,6 liter air setiap hari. Sementara pria di atas 30 tahun rata-rata membutuhkan air minum 2,3 liter.

Berikut beberapa pertanyaan yang biasa ditanyakan soal kecukupan air minum untuk tubuh:

Apa efeknya jika kita mengonsumsi lebih dari 8 gelas sehari?

Tahukah Anda, air berlebih--lambat laun-- akan merusak ginjal karena Anda cenderung ingin buang air terus. Dalam jangka panjang, kondisi ini juga akan menimbulkan infeksi saluran kemih dan gangguan tidur.

Bagaimana tanda-tanda Anda kelebihan minum air?

Anda akan sering ke toilet untuk buang air kecil. Selain itu, urine Anda terlihat sangat pucat atau terlalu bening.  

Apakah kita bisa mengganti air dengan yang lain?

Yes, Anda bisa mengganti air minum dengan bahan lain, misalnya jus buah-buahan. Namun, Anda tetap harus memastikan kecukupan air untuk tubuh Anda.

Apa sih tanda-tanda tubuh kita cukup air minum?
Tubuh kita memiliki mekanisme unik untuk membuat Anda tetap sehat. Jika Anda kurang minum, haus adalah mekanisme pertama yang muncul.

Urine berwarna kuning pucat merupakan indikasi bahwa Anda sudah cukup minum. Jika kurang minum, urine Anda akan berwarna kuning pekat.

So, cukupkan air minum Anda hari ini!

 

(im/im)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section