1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Jamu Gepyokan, Langganan Mertua untuk Calon Menantu

Jamu gepyokan juga dikenal dengan sebutan jamu uyup-uyup.

By Azalia Amadea 18 Maret 2016 18:01
Ilustrasi sajian jamu gepyokan (Foto: wikipedia.org)

Money.id - Jamu atau obat herbal sebagai salah satu bentuk pengobatan tradisional, memegang peranan penting dalam pengobatan penduduk di negara berkembang. Diperkirakan sekitar 70-80 persen populasi di negara berkembang memiliki ketergantungan pada obat tradisional.

Jamu adalah minuman tradisional khas Indonesia yang dipercaya memiliki banyak khasiat. Ada berbagai jenis jamu-jamuan di Indonesia. Hampir di setiap daerah memiliki jamu tradisional khas masing-masing.

Jamu gepyokan salah satunya. Ini merupakan jamu yang disarankan oleh para mertua di Jawa untuk diminum oleh calon menantunya. Karena salah satu khasiat jamu ini adalah dapat menghilangkan bau-bauan pada badan.

Foto: brilio.net

Nama "Gepyokan" berasal dari bahasa Jawa yang berarti dipukul-pukulkan. Jamu gepyokan juga dikenal dengan sebutan jamu uyup-uyup.

Dilansir dari laman vemale.com Sabtu 19 Maret 2016, jamu gepyokan terdiri dari rempah-rempah seperti kencur, jahe, laos, bangle, kunir, temulawak, puyang, temugiri dan daun katup. Bahan-bahan tersebut kemudian digepyok hingga halus dan diambil sarinya.

Selain itu, jamu tersebut juga dapat memperlancar keluarnya air susu ibu atau ASI. Banyak juga ibu-ibu yang mengeluhkan karena ASI-nya tidak lancar, jamu ini dapat membantu keluhan para ibu tersebut.

Jamu gepyokan juga berkhasiat menghilangkan bau badan, dan mendinginkan perut. Untuk mengurangi rasa pahit dan bau rempah yang kuat, jamu ini dapat dinikmati dengan menambahkan gula atau madu. (poy)

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section